Kamis, 10 Agustus 2017

1000 Bendera Merah Putih Berkibar di Pulau Lirang

Pulau Lirang (IndonesiaMandiri) - Sekelompok pemuda di Ambon/Maluku yang menamakan dirinya Perhimpunan Pemuda Pelajar Wetar dan Lirang (P3WL), menggagas aksi simpatik di pulau terdepan Indonesia. Mereka memasang 1000
bendera disekeliling pulau sebagai pertanda bahwa inilah wilayah kedaulatan RI  (07/08).

Aksi yang diadakan sekaligus memperingati Dirgahayu RI Ke -72 ini, didukung penuh oleh Kodam XVI/Pattimura. Kemudian jajaran Kodam XVI dibawah pimpinan Mayjen Doni Monardo pun mengajak Menteri BUMN Rini Soemarno berkunjung ke pulau terdepan ini.

Mengapa Pulau Lirang di pilih menjadi lokasi pengibaran 1000 bendera merah putih? Karena lokasinya berbatasan  langsung dengan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL). Dengan membawa ribuan tiang batang bambu, sukarelawan P3WL Ambon bersama TNI/Polri khusunya Kodam XVI/Pattimura menancapkan tiang bambu di pantai-pantai sekeliling Pulau Lirang sampai ke Tugu Tapal Batas.

Staf Ahli Pangdam XVI/Pattimura Bidang Ideologi Kolonel Arh Mokoginta Sihotang menyampaikan,  aksi 1.000 bendera Merah Putih untuk Pulau Lirang, selain memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -72, juga mempersiapkan kunjungan Menteri BUMN Ibu Rini Somarno, sebagai wujud kepedulian Bangsa Indonesia khususnya masyarakat Maluku yang tetap memberikan perhatian terhadap daerah-daerah/pulau-pulau terluar, sehingga diharapkan tidak adanya perasaan di “anak tirikan”.

“Kegiatan yang baru pertamakali ini bertujuan agar nasionalisme tetap tertanam pada masyarakat di Pulau Wetar dan Lirang”, papar  Kolonel Mokoginta (ma).

Foto: Pendam 16