Minggu, 03 September 2017

Bank DBS Luncurkan Digibank Berbasis Mobile

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Bank DBS, bank terkemuka di Asia, secara resmi meluncurkan digibank by DBS (digibank), sebuah bank berbasis mobile di Indonesia (29/8). Ini adalah sebuah langkah revolusioner, dimana digibank mengemas seluruh rangkaian teknologi inovatif - mulai dari biometrik hingga kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) –agar nasabah dapat menikmati cara baru dalam beraktivitas perbankan.

Peluncuran ini menyusul keberhasilan diluncurkannya digibank di India pada April 2016. DBS mampu menembus pasar perbankan ritel India dengan memperoleh sekitar 1,5 juta nasabah baru yang berhasil diakuisisi hingga saat ini. 

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia mengucapkan selamat kepada DBS atas inovasinya saat peluncuran digibank. Ia juga mengatakan, Pemerintah memproyeksikan ekonomi digital Indonesia di tahun 2020 akan mencapai 130 miliar dollar AS, atau sekitar 12 persen. Dengan bergesernya perekonomian Indonesia, dari yang berbasis komoditas menjadi berbasis layanan, hal ini akan mendorong tumbuhnya ekonomi digital di negeri ini.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 
sebanyak 132,7 juta orang atau 51,8 persen dari total penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Sedangkan survei We Are Social mengungkap, 91 persen penduduk Indonesia memiliki ponsel dan 47 persen di antaranya memiliki smartphone.
Seiring dengan bertumbuhnya penetrasi internet, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, aktivitas e-banking di Indonesia mencapai 270 persen, dari 13,6 juta nasabah di tahun 2012 menjadi 54 juta nasabah di tahun 2016. Frekuensi internet banking juga mencapai 169%, dimana sebelumnya terdapat 150,8 juta transaksi di tahun 2012 menjadi 406,6 juta transaksi di tahun 2016.

Paulus Sutisna, Presiden Direktur Bank DBS Indonesia, mengatakan, "Dalam beberapa tahun terakhir, pengguna internet dan smartphone bertumbuh pesat di Indonesia. Seiring dengan ini, kami telah mengamati perubahan perilaku nasabah dan orang-orang semakin menginginkan cara yang sederhana, cepat serta praktis dalam melakukan transaksi perbankan.”

“Sebagai bank yang berkomitmen untuk membentuk masa depan perbankan, kami berbahagia memperkenalkan digibank ke Indonesia, agar nasabah dapat melakukan kegiatan perbankan kapan saja, dan dari mana saja,” tambahnya.
Dengan digibank Indonesia, nasabah memperoleh cara baru beraktivitas perbankan yang seamless berkat deretan fitur inovatif. Seperti: Teknologi biometrik. Kini, warga negara Indonesia yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) dapat membuka rekening digibank di manapun dan kapan pun.

Cukup dengan mengatur jadwal bertemu dengan agen digibank, untuk membantu proses pembukaan rekening dengan menggunakan alat biometric di tempat secara langsung. Proses ini tidak membutuhkan kertas sama sekali. DBS mewujudkan hal ini dengan memanfaatkan e-KTP, program pengenalan identitas diri secara biometrik (sa).
Foto: istimewa