Senin, 30 Oktober 2017

Airbus 320 Citilink Terbang Perdana Ke Silangit

Siborong-Borong (IndonesiaMandiri) – Meski secara resmi Citilink akan melakukan penerbangan berjadwal dari Jakarta/Halim ke Silangit baru dibuka pada 10 November nanti, tetapi penerbangan perdananya dilakukan pada 28 Oktober. Tak tanggung-tanggung, manajemen Citilink dalam terbang perdananya menggunakan Pesawat Airbus A320 dengan penumpang istimewa Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Airbus A320 nya sendiri juga merupakan pesawat ke-50 yang dimiliki Citilink dan baru tiba kamis dari pabriknya di Touluse, Prancis (26/10). Dua hari kemudian langsung dibawa terbang perdana ke Silangit, Sumatera Utara. Di Silangit sendiri, pada hari yang bertepatan dengan Sumpah Pemuda itu, disamping menerima penerbangan perdana Citilink yang mendarat pada 11.30, tiba penerbangan internasional perdana dari Singapura oleh Garuda Indonesia Jam 13.25.

“Dengan masuknya Citilink hari ini dan juga ada penerbangan internasional Garuda dari Singapura ke Silangit, adalah bukti bahwa Bandara Silangit sebagai gerbang masuk wisatawan internasional diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan, perdagangan dan investasi di kawasan Danau Toba khususnya dan Sumatera Utara umumnya,” ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata saat melakukan jumpa pers di dalam pesawat dalam penerbangan Halim-Silangit yang menempuh waktu hampir dua jam ini.

Saat ini, Bandara Silangit sudah melayani penerbangan berjadwal setiap hari dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng), oleh Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia. Sedangkan dari Kualanamu (Medan), dan Hang Nadim (Batam), dilayani oleh Lion Grup. Dengan masuknya Citilink ke Silangit dari Jakarta (Halim), ini tentunya akan menambah ramai pergerakan penumpang menuju Tapanuli Utara yang memiliki banyak obyek wisata menarik, salah satunya adalah pesona Danau Toba.

“Kita coba dulu dengan penerbangan sekali satu hari dari Halim, tetapi kami optimis Silangit ini pasar menjanjikan untuk nanti dapat ditambah frekwensinya,” tegas Juliandra Nurtjahjo, Direktur Utama Citilink. Penerbangan perdana Citilink ini kembali di hari yang sama Jam 15.30 dari Silangit dan tiba di Halim 17.30. Penerbangan kembalinya diisi penumpang istimewa lagi Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, disamping Menpar (ab).

Foto: Istimewa