Minggu, 05 November 2017

TNI AL Kawal Nelayan Aceh Kembali ke Tanah Air

Sabang (IndonesiaMandiri) - Sebanyak 39 nelayan asal Aceh dan satu kapal KM Saudara Bahagia GT 120 yang beberapa saat lalu diamankan oleh Angkatan Laut India di Perairan Andaman, Nikobar, sudah kembali ke Tanah Air (3/11).

Para nelayan tersebut mengalami gangguan mesin saat melaut dan kapalnya terombang-ambing hingga memasuki wilayah Perairan India, Andaman.

Pada saat bersamaan, TNI AL dan Angkatan Laut India di lokasi terpisah sedang melaksanakan latihan bersama patroli terkoordinasi India-Indonesia (Latma Patkor Indindo) dimana KRI Imam Bonjol-383 ikut serta.

Dilakukanlah proses diplomasi dan negosiasi yang akhirnya bisa memulangkan para nelayan. Menurut Komandan Lanal Sabang Kolonel Kicky Salvachdie saat memasuki perairan Indonesia kapal nelayan tersebut disambut dan selanjutnya dikawal KRI Kelabang-826.

Kedatangan KRI Kelabang-826 dengan komandan oleh Mayor Laut (P) Aris Pratikto  bersama KM. Saudara Bahagia beserta 39 ABK di Sabang  disambut langsung oleh Palaksa Lanal Sabang, Mayor Laut (PM) Ahmad Azahari (fm).

Foto: DispenArmabar