Senin, 05 Februari 2018

Cina Minat Investasi di Danau Toba


Medan (IndonesiaMandiri) - Salah satu kekuatan ekonomi dunia, Cina, melihat ada potensi besar yang ada di Danau Toba, Sumatera Utara. Tak pelak, delegasi gabungan dari unsur Pemerintah dan swasta Cina mendatangi Danau Toba (2/2).

Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian mengatakan, Sumut sangat ‘seksi’ sebagai media berinvestasi. “Sumut memiliki potensi yang besar. Karena alasan itu, Sumut jadi provinsi di luar Jawa pertama yang dikunjungi,” ungkap Xiao.

Sumut masuk program pengembangan kawasan terpadu. Kawasan ini membutuhkan suntikan investasi sekitar USD17,2 Miliar.

Dana sebesar itu disasar untuk pengembangan pariwisata KDT, menggairahkan industri, juga konektivitas. Untuk konektivitas ada empat sektor, seperti pelabuhan, bandara, jalan tol, dan jaringan rel kereta api.

Kunjungan ke Sumut untuk menindaklanjuti pertemuan bilateral Indonesia-Cina di Beijing pada 20-22 November silam. Bupati Samosir Rapidin, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo dan pejabat daerah lainnya turut menyambut secara adat rombongan dari Cina.

“Kami sangat gembira dengan respon positif Dubes Tiongkok dan para pengusaha mau melihat langsung kondisi Danau Toba. Kami ingin mengundang asosiasi travel Tiongkok ke sini. Sebab, ada banyak potensi bisnis yang bisa mereka kembangkan di Toba. Dengan begitu, mereka akan menjual berbagai paket wisata ke KDT. Hal ini tentu sama-sama menguntungkan. Apalagi itu pasar besar untuk Indonesia,” papar Arie (fm).

Foto: Istimewa