Kamis, 15 Februari 2018

Citilink Terbang Langsung Jakarta-Banyuwangi


Tangerang (IndonesiaMandiri) Maskapai penerbangan nasional Citilink membuka rute baru langsung Jakarta-Banyuwangi PP. Acara inaugural flight Citilink dengan menggunakan pesawat jenis B737-500, berlangsung di koridor Terminal 1C Bandara Soekarno-Hatta (15/2). Hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Pariwisata Arief Yahya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Dirut AP II Muhammad Awaluddin, dan Dirut PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahyo.


Menpar Arief Yahya mengapresiasi Citilink membuka penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi mengikuti perusahaaan induknya Garuda Indonesia maupun perusahaan airlines lainnya NAM Air dan Wings Air yang lebih dahulu membuka rute yang sama tahun lalu. “Rute Jakarta-Banyuwangi memiliki potensi pasar yang menjanjikan karena sektor pariwisata, dunia usaha, dan sektor pendidikan di Banyuwangi terus berkembang, terlihat dari jumlah kunjungan yang meningkat dari tahun ke tahun. Hampir 70-80 persen rute pengguna jasa penerbangan dari Banyuwangi adalah menuju Jakarta,” kata Menpar Arief Yahya.



Menpar menambahkan, wisman yang mengunjungi Banyuwangi di 2017 sepertiga dari total kunjungan wisman ke Jawa Timur. Sehingga sangat tepat keputusan Citilink membuka rute baru ke Banyuwangi.



Tahun 2017 tercatat jumlah kedatangan penumpang di Bandara Banyuwangi (dahulu Blimbingsari) sebanyak 188.949 orang atau naik hingga 66,9% dibandingkan 2016 sebanyak 113.153 penumpang. Sedangkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Banyuwangi di 2017 sebanyak 91.579 wisman dan pergerakan wisatawan nusantara sebanyak 4,7 juta.



Dirut PT Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahyo mengatakan, Citilink sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) dan difungsikan sebagai salah satu alternatif penerbangan bertarif rendah di Indonesia, siap mendukung program Kementerian Pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.



Foto: Istimewa