Rabu, 21 Februari 2018

Jelang Lomba Renang&Dayung di Selat Sunda



Merak/Banten, (IndonesiaMandiri) - Perhelatan olahraga bergengsi dan bernuansa patriotik berupa lomba berenang dan mendayung melintasi Selat Sunda yang diselenggarakan oleh Korps Marinir TNI AL sebentar lagi berlangsung.

Tak heran, di pelabuhan penyeberangan Jawa-Sumatera, sekitar Merak dan Bakauheni, tampak kesibukan prajurit Marinir beserta peralatan pendukungnya (21/2). Di Pantai Pulorida Merak Banten, prajurit Marinir dengan berbagai macam peralatannya mulai menduduki dan membangun tenda-tenda. Begitu pula di Dermaga Bandar Bakau Jaya Bakauheni Lampung. Hilir mudik kendaraan truk Marinir nampak menurunkan barang-barang. Suasana terlihat beda dari hari-hari sebelumnya. Spanduk dan banner  pun sudah terpasang.
Personel-personel Marinir dari satuan-satuan yang tersebar di seantero negeri pun mulai tiba menuju ke “medan tempur”. Personel Marinir dari Pasmar-1 Surabya dengan menumpang  KRI Doktor Soeharso (SHS-990) telah siap dengan segala macam peralatannya. Begitu pula dari Marinir yang berada di Belawan yakni Yonmarhanlan–I Belawan telah diberangkatkan. Satuan-satuan Marinir lainnya pun sudah mengirimkan pasukannya.
"Mereka akan “bertarung” untuk menaklukan Selat Sunda. Para prajurit petarung yang mempunyai semboyan “Jalesu Bhumyamcha Jaya Mahe” ini akan mengadu kemampuan renang dan dayung melintasi Selat Sunda. Mereka akan menyebrangi Selat Sunda pada tanggal 2 Maret 2018 malam hari  dengan “start” dari Dermaga Bandar Bakau Jaya Bakauheni Lampung dan “finish” di Pantai Pulorida Tanjung Sekong Merak Banten pada 03 Maret 2018, " kata Kadispen Kormar Letkol Marinir Ali Sumbogo.
Letkol Ali Sumbogo menambahkan, "Saat ini sudah terdaftar  peserta Renang  ada 49 Tim dengan jumlah 251 atlet,  untuk   Dayung  ada  52 Tim dengan 416 atlet.  Dengan perincian  Jajaran Korps Marinir Renang  ada  46 Tim dengan 237 atlet dan  Dayung 49 Tim dengan 392 Atlet.  Kemudian,  Instansi Militer diluar Korps Marinir Renang 1 Tim dengan 5 atlet. Sedangkan untuk dayung masih nihil. Sementara dari Instansi Sipil atau Klub untuk Renang ada 2 Tim plus 2 Individu dengan 9 atlet.  Dayung dari sipil sudah mendaftar 2 Tim dengan 16 atlet. Jumlah ini mungkin bisa bertambah” (bp).
Foto: PenKormar