Rabu, 28 Februari 2018

Kemhan Laksanakan Survei Pelayanan Publik

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Di akhir 2017, Lembaga Ombudsman melakukan survei tentang kinerja di kementerian yang ada dalam hal pelayanan publik. Menariknya, dari semua yang disurvei, hanya Kementerian Pertahanan/Kemhan diberi label “merah”, alias kualitas pelayanannya buruk.

Sontak ini jadi pertanyaan besar, ada apa? Pihak Kemhan pun secara sigap melakukan evaluasi internal dan menelusuri apa penyebabnya. Itu sebabnya, Kemhan melaksanakan survei eksternal dengan melibatkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/Kemen PAN-RB serta mengundang mitranya untuk mengisi kuisioner. Acara yang dihadiri hampir 100 mitra Kemhan (termasuk wartawan), berlangsung di Gedung DI Panjaitan, Kemhan, Jakarta (27/2).

“Jangan samakan Kemhan dengan kementerian lainnya dalam hal pelayanan publik. Karena kami banyak berurusan dengan institusi militer dan pertahanan negara. Misi kami lebih ke pengabdian,” tegas Brigjen Alfred BH Rantetandung, Sekretatis Inspektoral Jenderal Kemhan.

Jadi memang sisi pelayanan publiknya
berbeda dengan kementerian lainnya. Hal ini bisa dimaklumi karena visi dan misi Kemhan tentunya adalah lebih mengedepankan pengabdian. Tetapi agar ini tetap obyektif, Kemhan tak menutup diri dan tetap melakukan perbaikan dalam hal pelayanan publik untuk memelihara good governance dan transparansi. Itu sebabnya ketika survei, penyelenggaranya dikoordinasi langsung oleh Kemen PAN-RB (ab).

Foto: abri