Rabu, 21 Februari 2018

Kendaraan tempur lapis baja Singapura dari ST Kinetics

https://www.armytimes.com/resizer/jeStLux6c5dtsjPImOIvnrmqer0=/1200x0/filters:quality(100)/arc-anglerfish-arc2-prod-mco.s3.amazonaws.com/public/GQO7PPJMRNC3TOLK3OJIOYCCHE.jpgJakarta, (IndonesiaMandiri) - Dalam pameran kedirgantaraan Singapura yang lalu (6-11/2),  ada yang menarik dihadirkan oleh perusahaan alutsista dari Singapura. Diantaranya pengadaan kendaraan tempur lapis baja buatan ST Kinetic, Singapura.  Menurut pihak ST Kinetics, kendaraan ini akan turut serta dalam ajang kompetisi pengadaan kendaraan tempur untuk Angkatan Darat Amerika Serikat, dimana ST Kinetics akan segera mengirimkan kendaraan contoh ke Amerika guna turut serta dalam kompetisi Service’s Mobile Protected Firepower.  Untuk hal ini pihak ST Kinetics bekerja sama dengan SAIC dan industri dari Belgia CMI Defence.

Kendaraan yang disebut sebagai NGAFV ini akan dilengkapi dengan kubah modular Cockerill 3105 dari CMI Group. Menurut rencana nantinya kegiatan yang akan dilakukan di Amerika akan mencakup uji penembakan di Nevada Automotive Test Center, Nevada.

Ranpur lapba (kendaraan tempur lapis baja) yang diberi sebutan NGAFV atau Next Generation Armored Fighting Vehicle ini dalam penawaran ke Amerika dipimpin oleh grup SAIC yang merupakan pihak integrator dari sistem Ranpur ini.  NGAFV dari ST Kinetics ini juga sudah di pesan oleh pihak Angkatan Bersenjata Singapura. Diperkirakan akan mulai di produksi pada awal 2019. Kubah modular 3105 dari Cockerill ini juga dipesan oleh TNI Angkatan Darat untuk melengkapi Ranpur Pandur II.

https://www.armytimes.com/resizer/jsSoAqE57FFb0KoolOVdd3ZO8u8=/600x0/filters:quality(100)/arc-anglerfish-arc2-prod-mco.s3.amazonaws.com/public/NWSX2MWUZ5CGBLJ6IOTI2AQHDU.jpg
Next Generation Armored Fighting Vehicle dari ST Kinetics  dengan kubah modular 3015 dari CMI Group, kanan (CMI Defence) 
NGAFV yang dipesan oleh pihak Singapura terdiri dari berbagai varian, diantaranya untuk pengangkut personil yang dilengkapi dengan stasiun senjata remote control dengan senjata yang akan di pasang berupa kanon Orbital ATK Bushmaster 30mm dan senapan mesin coaxial.

Selain untuk Angkatan Darat Amerika Serikat, SAIC dan ST Kinetics juga berpartisipasi dalam persaingan pengadaan kendaraan tempur amphibi untuk Korps Marinir Amerika Serikat, dimana mereka menawarkan Ranpur beroda ban 8x8 Terrex 2, bersaing dengan BAE Systems yang menawarkan Iveco SuperAV (ah/ab) | Foto: istimewa