Rabu, 07 Februari 2018

Kerjasama Pertahanan RI-Austsralia Tetap Solid

Perth/Australia (IndonesiaMandiri) - Menhan RI Ryamizard Ryacudu dan Menhan Australia Marise Payne menandatangani perpanjangan perjanjian kerja sama Indonesia – Australia (Defence Cooperation Arrangement/DCA), di Perth Australia (1/2). Ini merupakan perpanjangan perjanjian kerja sama yang  sebelumnya telah ditandatangani kedua negara pada 5 September 2012 dan pada 5 September 2017 Dalam perjanjian ini, kedua negara menegaskan kembali komitmen untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperluas kerja sama di bidang pertahanan berdasarkan prinsip-prinsip kesetaraan, saling menguntungkan, saling menghormati dan saling percaya.
Beberapa isu menjadi pembahasan dalam pertemuan bilateral tersebut yaitu kerja sama di kawasan dalam Patroli Terkoordinasi Trilateral dan kerja sama our eyes. Selain itu kedua negara juga membahas beberapa isu strategis yang menjadi perhatian kawasan saat ini yaitu mengenai Korea Utara, perkembangan Laut Cina Selatan, returned foreign terrorist fighter atau kembalinya pejuang teroris asing yang berperang untuk ISIS serta perkembangan krisis di Rohingnya.
Mengenai pengungsi Rohingnya di Myanmar, Menhan RI melihat krisis Rohingnya ini merupakan permasalahan di kawasan yang harus ditangani secara manusiawi dan proporsional. Jika tidak maka akan berpotensi menjadi ancaman karena dapat dimanfaatkan oleh kelompok ISIS. Indonesia mengajak para negara sahabat untuk bekerjasama memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingnya sehingga mereka tidak terekrut atau tergalang dengan ISIS (bp).
Foto: Istimewa