Sabtu, 03 Februari 2018

Kopi Nusantara Bakal Gebrak Dunia


Jakarta (IndonesiaMandiri) - “Saatnya kerja untuk kopi Indonesia,” demikian tema sebuah gelaran pameran kopi nusantara yang diusung sebuah Koperasi Komunitas Kopi Indonesia di Blok M Square Jakarta Selatan, selama tiga hari (2-4 Februari 2018).

Acara ini didukug oleh Kementerian Pariwisata. “Tema ini merupakan tantangan bagi semua pihak, terutama komunitas kopi Indonesia, bagaimana kopi nusantara unggul di pasar global dan memenangkan persaingan dengan negara lain,” kata Menpar Arief Yahya.

Kopi Indonesia merupakan salah satu komoditas potensial yang mendunia, namun secara prestasi dunia masih menduduki nomor empat setelah Brazil, Columbia, dan Vietnam. “Komoditas kopi harus dijadian sebagai produk kreatif dan digabungkan dengan pariwisata yang sama-sama produk kreatif. Bangsa ini hanya bisa memenangkan persaingan di ekonomi kreatif.‎ Kita relatif mudah memenangkan persaingan di pariwisata dan ekonomi kreatif,” jelas Arief penuh optimis.

Ketua panitia penyelenggaraa acara ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’ Adji Gutomo mengatakan, potensi bisnis kopi Indonesia sangat besar dan bila didetailkan ada 15 nomenklatur bisnis mulai dari penanaman, pengelolaan paska panen, penjualan kopi, pengelolaan kedai kopi, desain dan perlengkapan kedai kopi, merchandise, oleh-oleh khas daerah, lukisan, pengharum ruangan, hingga bahan campuran pembuatan pakaian.

Penyelenggaraan acara ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’ merupakan hasil kerjasama antara Koperasi Komunitas Kopi Indonesia sebagai penyelenggara utama, bermitra dengan Blok M Square Jakarta sebagai venue offline yang akan merintis menjadi Mall Kopi Indonesia, dan Tokopedia sebagai venue online para petani dan pengusaha kopi Indonesia (fm).

Foto: Istimewa