Senin, 19 Februari 2018

Kotawaringin Barat Kini Andalkan Pariwisata

Pangkalan Bun/Kalimantan Tengah (IndonesiaMandiri) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, bertekad menjadikan pariwisata sebagai leading sektor dengan menempatkan TanjungKotawaringin Barat Kini Andalkan Pariwisata  Puting (obyek wisata alam sebagai habitat orang utan) yang sudah mendunia sebagai andalan utama. 


“Setelah pertanian dan infrastruktur, pariwisata kami jadikan sebagai leading sektor,” kata Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah (17/2). Baru tujuh bulan dilantik menjadi bupati, Nurhidayah menetapkan pariwisata sebagai skala prioritas utama dalam pembangunan daerahnya lima tahun mendatang, disusul prioritas lainnya yaitu; pertanian dan infrastruktur. 

Bupati perempuan pertama di Kalteng ini sangat yakin dan percaya diri bahwa pariwisata menjadi modal penting untuk dikembangkan secara berkelanjutan dalam memberikan kemakmuran daerahnya, karena untuk mengembangkannya dibutuhkan modal murah dan cepat serta banyak menciptakan lapangan kerja. 

Pemkab Kotawaringin Barat memilih pariwisata sebagai leading sektor sebagai pendorong agar segala pembangunan infrastruktur mengarah kepada pengembangan dan kemajuan pariwisata. 

Upaya kebijakan dan arahan pembangunan ke sektor pariwisata ini pun untuk menciptakan daya saing dan menarik investor datang ke Kotawaringin Barat. Pihaknya akan membuat perijinan lebih mudah, simpel, dan singkat bagi para investor. "Kalau bisa dipermudah dan dipersingkat kenapa harus dibikin lama. Itu semboyan kita," kata Nurhidayah. 

Unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) di Kotawaringin Barat cukup memadai. Amenitas sudah cukup bagus ada hotel berbintang dari lokal hingga internasional chain. Di pusat Kota Kotawaringin Barat ada hotel bintang empat seperti Swissbel Hotel dan Grand Ketjubung. 

Dari sisi aksesbilitas menuju Kota Waringin Barat relatif mudah karena dapat ditempuh dengan jalur udara, darat dan laut. Setiap hari maskapai penerbangan Nam Air, dan Trigana Air terbang dari Jakarta ke Pangkalan Bun PP dan Wings Air dari Semarang ke Pangkalan Bun PP. "Garuda Indonesia juga akan terbang ke Pangkalan Bun sekitar Maret mendatang,” kata Nurhidayah. 

Sementara unsur atraksi, di 2018 Pemkab Kotawaringin Barat menyiapkan 32 even unggulan yang akan digelar (fm) | Foto: istimewa