Rabu, 28 Februari 2018

KRI Kerambit Produksi PT PAL Diluncurkan

Surabaya (IndonesiaMandiri) - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksda Didik Setiyono didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim/KDJAT Ibu Retno Didik Setiyono, menghadiri acara peluncuran Kapal Cepat Rudal (KCR) 60 batch kedua oleh Kasal Laksamana Ade Supandi di Fasilitas Shiplift Divisi Kapal Perang PT. PAL Indonesia, Ujung Surabaya (27/02).

Ini merupakan kapal perang keempat produksi PT. PAL Indonesia. Didesain dengan 55 pengawak yang mampu mengarungi lautan hingga kondisi Sea State 5 dengan Significant Wafe 4 meter. Kapal perang ini juga dilengkapi dengan sistem senjata yang lebih terintegrasi serta kemampuan stabilitas yang prima yaitu dengan adanya Fin Stabilizer.

Penamaan “Kerambit” kepada kapal perang diberikan oleh Ibu Endah Ade Supandi sebagai ibu kandung kapal, terinspirasi dari senjata yang menyerupai cakar harimau dari ranah Minang “Karambik” atau dengan nama lain Kerambit, yang digunakan untuk menyayat maupun merobek anggota tubuh lawan secara cepat dan tak terduga.

Peluncuran KRI Kerambit – 627 melalui serangkaian proses produksi dengan tahapan pemotongan plat pertama pada 2 Februari 2017, dan dilanjutkan dengan peletakan lunas pada 9 Februari 2017 dimana seluruh tahapan dikerjakan oleh putra-putri terbaik bangsa dengan semangat berkarya untuk bangsa dan menjaga keutuhan NKRI. Kapal perang dengan panjang 60 meter dan bobot 500 ton ini memiliki kemampuan jelajah 20 knot hingga menempuh jarak 2.400 NM serta mampu mencapai kecepatan maksimal 28 knot sehingga KRI Kerambit – 627 akan mampu untuk memperkuat armada kapal perang Republik Indonesia dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI (ab).

Foto: DispenArmatim