Jumat, 23 Februari 2018

Panglima TNI Warga Kehormatan Korps Marinir


Malang/Jatim (IndonesiaMandiri) - Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal Hadi Tjahjanto diangkat sebagai warga kehormatan Korps Marinir TNI AL. Proses penyerahan baret ungu dilaksanakan oleh Komandan Korps Marinir Mayjen Bambang Suswantono di Pantai Nganteb, Malang Selatan, Jawa Timur (22/02).

Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi warga kehormatan Korps Marinir TNI AL ke 37 yang sebelumnya juga diterima oleh Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono pada 2008, Kasal Laksamana Ade Supandi dan Presiden Joko Widodo pada 2015 lalu.

Pengangkatan Warga Kehormatan Korps Marinir adalah sebagai wujud penghargaan Korps Marinir kepada tokoh yang dianggap memberikan kontribusi dan perhatiannya yang tulus kepada kemajuan dan perkembangan Korps Marinir TNI AL. Disamping itu penghargaan tersebut juga sebagai bentuk apresiasi atas keteladanan jiwa, sikap, semangat dan komitmen yang tinggi yang diberikan kepada Korps Marinir TNI AL.

Sebelum prosesi, terlebih dahulu Panglima TNI meninjau Posko latihan tahap laut Korps Marinir di Pantai Wonogoro Kabupaten Malang, dipimpin oleh Danyonif-1 Mar sebagai Komandan Batalyon Tim Pendarat. Setelah menerima laporan dari Komandan BTP, selanjutnya Panglima TNI didampingi Dankormar bergerak menuju ke tempat upacara yang berada di Pantai Nganteb dengan menggunakan tehnik Serbuan Mekanis (Bunis) menaiki kendaran tempur LVT-7 diikuti Tank BMP-3F bersama prajurit Marinir.

Setelah sampai di Pantai Nganteb, dilanjutkan dengan pelaksanaan Upacara pengangkatan sebagai Warga kehormatan Korps Marinir TNI AL dengan ditandai penyerahan baret ungu yang dibawa oleh peterjun prajurit Korps Marinir dan diberikan oleh Komandan Korps Marinir kepada Panglima TNI diiringi penembakan dari Ranpur BMP-3F, Howitzer 105 MM dan MLRS Vampire yang berada di kanan dan kiri bibir pantai Nganteb.

Setelah proses pengangkatan sebagai warga kehormatan selesai, Panglima TNI menuju tenda undangan untuk menyaksikan demontrasi terjun payung statik laut, Hely Water Jump, Rubber duck operation (RDO) dan demontrasi serangan kilat yang dilaksanakan oleh prajurit Detasemen Jalamangkara dan Intai Amfibi Korps Marinir.

Turut hadir dalam acara ini Kasal Laksamana Ade Supandi, Ketua Komisi I DPR, Dankodiklat TNI, Panglima Kodam V Brawijaya, Pangarmatim, Dankodiklatal, Danlantamal V, dan pejabat teras TNI/Polri serta Forkominda Jawa Timur (ah).

Foto: PenKormar