Jumat, 16 Februari 2018

Pendidikan Bintara Kodam XVI/Pattimura Ditutup


Ambon (IndonesiaMandiri) - Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen Suko Pranoto memimpin Upacara Penutupan Pendidikan Bintara TNI AD TA. 2017, di lapangan Upacara Makorindam XVI/Pattimura Desa. Suli Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (15/2).

Penutupan Pendidikan ini ditandai penyematan tanda pangkat Sersan Dua serta penyerahan ijazah kepada Prajurit lulusan terbaik oleh Pangdam. Pendidikan Pertama Bintara TNI AD  ini diikuti oleh 176 orang calon Bintara Prajurit Karier.

“Hasil yang kalian raih hari ini tidak datang secara tiba-tiba namun melalui proses panjang mulai dari tahap Seleksi Penerimaan sampai dengan pendidikan pertama selama lima bulan untuk ditempa kemampuan fisik akademik maupun mental untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Darat yang andal. Berkaitan dengan sumpah yang telah diikrarkan di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dengan disaksikan oleh para undangan dan hadirin yang ada di tempat ini maka sumpah yang baru saja kalian ucapkan ini harus benar-benar dihayati, pegang Teguh dan laksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sebab sumpah tersebut nantinya akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa”, tegas Pangdam.

Di sisi lain, sambung Pangdam, para Bintara ini juga merupakan kebanggaan masyarakat, bangsa dan negara, karena memikul tugas dan tanggungjawab sebagai bhayangkari negara. Namun dengan kehormatan tersebut, seorang prajurit senantiasa terikat oleh aturan hukum, baik hukum yang berlaku bagi warga negara biasa maupun aturan hukum bagi prajurit TNI. Karenanya, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jati diri TNI, yaitu sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional dimanapun bertugas (bp).

Foto: Pendam16