Senin, 05 Februari 2018

Pentingnya Transportasi Udara Untuk Pariwisata


Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menteri Pariwisata Arief Yahya melakukan road show ke unsur 3A (Authorities – Airports & AirNavigation – Airlines) guna memastikan dukungan konektivitas udara dalam rangka mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia yang tahun ini dipatok 17 juta wisman. Road show tersebut akan digelar pada 5 Februari 2017.

Dalam road show tersebut yang dibahas seputar air connectivity antara lain; seats capacity airlines, perijinan rute penerbangan, kapasitas bandara, maupun traffic right.

“Air connectivity menjadi kunci sukses dalam mendatangkan wisman karena 80% wisman yang masuk ke Indonesia menggunakan transportasi udara, sedangkan sisanya melalui laut dan cross-border land. Kegiatan road show ini untuk mengkomunikasikan persoalan dan solusi terhadap dukungan  unsur 3A (Authorities – Airports & AirNavigation – Airlines),” kata Menpar Arief Yahya.

Arief Yahya menjelaskan, air connectivity memang bukan menjadi tupoksi (tugas dan fungsi) Kemenpar yang memiliki tugas utama dalam hal promosi mendatangkan wisman, “Karena akses udara itu vital dalam mendatangkan wisman, sedangkan otoritas yang menentukan tidak langsung di bawah Kemenpar, maka dibutuhkan komunikasi dengan unsur 3A dalam semangat Indonesia Incorporated sebagai spirit untuk tujuan yang sama membangun pariwisata Indonesia untuk kesejahteraan bangsa,” jelas Arief Yahya.

Untuk mendukung target 17 juta wisman, dibutuhkan sebanyak 25 juta international seats, sedangkan yang sudah tersedia sebanyak 23,9 juta seats sehingga masih kekurangan 1,1 juta seats.

Kegiatan road show ke unsur 3A akan berlangsung dalam tiga hari, di mana pada hari pertama (5/2) Menpar Arief Yahya akan berkunjung ke Garuda Indonesia, Lion Air, dan AP II Jakarta (rm).

Foto: abri