Selasa, 27 Februari 2018

Penumpang Merokok Di Pesawat Diamankan Petugas


Jakarta (IndonesiaMandiri) - Seorang penumpang Citllink dengan kode penerbangan QG 156 tujuan Halim - Denpasar, saat sedang menuju pesawat diketahui merokok (25/2). Orang ini terus melanjutkan merokok hingga di dalam pesawat yang terjadwal keberangkatannya Jam 21.35, dan dilihat oleh beberapa penumpang lainnya.

Menariknya, seorang warga asing yang duduk dibelakangnya sempat merekam melalui gadgetnya hingga terlihat ketika petugas keamanan bandara (aviation security) berusaha membujuknya dan kemudian membawanya turun.

Saat bersamaan, pesawat yang membawa penumpang 101 orang ini juga sedang mengisi bahan bakar avtur (refueling) dan posisinya dekat dengan engine. Kondisi tersebut jelas-jelas sangat mengancam dan  membahayakan  penerbangan khususnya keselamatan dan keamanan penerbangan.

“Citilink menilai perilaku penumpang ybs dapat membahayakan keselamatan penerbangan sehingga terpaksa mengambil langkah tegas, terlebih saat diberitahu malah "ngeyel" bahkan terlibat adu mulut dg petugas keamanan,” menurut keterangan pers dari Citilink.

“Perilakunya jelas-jelas dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan. Dalam industri airlines kami harus bisa memastikan tidak ada satupun aturan keselamatan yang dilanggar sehingga operasional penerbangan dapat berjalan dengan aman, lancar dan nyaman,” tulis penjelasan Citilink (ab) | Foto: abri