Kamis, 15 Februari 2018

Pertanian Zaman Now Lebih Canggih


Makasar (IndonesiaMandiri) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan kuliah umumnya dihadapan 1000 lebih mahasiswa Fakultas Pertanian, di Universitas Hasanuddin, Makasar (15/2).


Dalam orasinya bertema “Pembangunan dan Kewirausahaan Pertanian", Mentan menyampaikan bahwa pertanian jaman now sangat menjanjikan karena 60 sd 70 persen berkontribusi dalam pembangunan nasional. Tiga tahun ini Kementerian Pertanian telah membagikan 100 ribu alat mesin pertanian. Pertanian kini sudah menggunakan teknologi canggih.



Mentan sempat mengajak mahasiswa, "Kalau mau jadi konglomerat masuklah pertanian.” Amran mencontoh dirinya bahwa dulu kesukaannya adalah pertanian. "Dulu kami sudah turun ke 300 Kabupaten, kami melihat banyak persoalan yang harus segera diselesaikan,” cerita Amran.



Selanjutnya Mentan memaparkan capaian dan strategi pengelolaan pertanian jaman now. Empat komoditas yang telah berhasil yaitu: beras, jagung, cabai dan bawang merah serta cara pengambilan kebijakan dan keputusan yang tepat.



Ssbelumnya Dekan Fakultas Peranian Prof Sumbangan Baja menyampaikan harapannya agar Mentan juga ikut membangun Fakultas Pertanian Unhas selaku Alumni terbaik (ag/ab).



Foto: Istimewa