Senin, 26 Februari 2018

Pesawat Rusia Su-57 Hadir di Siria

Siria (IndonesiaMandiri) - Konflik di Siria terus memanas dan memacu kehadiran sejumlah alutsista canggih dari negara luar yang terlibat di dalamnya. Seperti diberitakan Kantor berita CNN bahwa pihak Rusia telah mengirimkan skadron tempur dengan pesawat mutakhirnya Su-57 ke Siria. Ini diucapkan langsung secara resmi oleh pihak militer Amerika Serikat (juru bicara Pentagon Myor Adrian Rankine-Galloway) kepada CNN.

Kedatangan pesawat tempur Su-57 Rusia tersebut dianggap berpotensi meningkatkan tingkat bahaya bagi pasukan Amerika Serikat yang bertugas di Siria. Pihak Rusia menyatakan bahwa peningkatan kekuatan di Siria untuk menunjukkan komitmen mereka untuk menghentikan konflik disana.

Militer Amerika Serikat di Siria diperkiat dengan pesawat tempur F-22.  Diberitakan bahwa pada Desember 2017 lalu dua pesawat tempur F-22 berhasil meng-intercept dua pesawat Su-25 Rusia dengan menembakan peluru flare, sehingga pesawat Rusia tersebut kembali ke pangkalannya. Menurut pihak Amerika Serikat, Rusia memiliki pangkalan pesawat tempur di Lanud Khmeimim.

Pertanyaannya, apakah pengerahan pesawat tempur mutakhir Su-57 ini merupakan langkah uji-coba kemampuannya di udara Siria? Su-57 merupakan pesawat tempur Rusia yang paling mutakhir dengan teknologi siluman (Stealth), seperti yang telah ditulis dalam laman indonesiamandiri sebelumnya (ah/ab).

Foto: Istimewa