Kamis, 22 Februari 2018

Pushidrosal – UKHO Perpanjang Kerjasama Hidrografi


Fiji (Pasifik Selatan) - Pusat Hidrogafi dan Oceanigrafi TNI AL atau Pushidrosal memperpanjang kerjasamanya dengan pihak Inggris (UKHO: United Kingdom Hydrographic Office) saat mereka bertemu di Fiji, Pasifik Selatan (22/2). Saat itu, sedang berlangsung konferensi hidrografi diantara negara-negara di Pasifik Selatan ke-15 yang tergabung dalam SWPHC (South West Pacific Hydrographic Commission). 

Kepala Pushidrosal Laksda Harjo Susmoro dan Kepala UKHO Rear Admiral Tim Lowe menyepakati melanjutkan kerjasama yang telah berjalan selama kurun waktu 20 tahun dan memberikan manfaat pada kedua pihak secara proporsional. Perpanjangan kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan perpanjangan Bilateral Arrangement antara Pushidrosal – UKHO untuk periode waktu 2018 – 2021 tentang Cooperation in the Field of Hydrography and Its Related Disciplines yang secara detail membahas kerjasama pendistribusian produk Electronic Navigational Chart (ENC) perairan Indonesia secara internasional oleh UKHO. 

Kerjasama juga mencakup kegiatan Capacity Building kedua pihak berupa program pelatihan personel Pushidrosal di bidang survei hidrografi dan kartografi. Dimana selama ini, UKHO telah secara aktif membantu memberikan pelatihan teknis survei hidrografi dan asistensi kartografi kepada personel Pushidrosal, serta memberikan kesempatan kepada personel Pushidrosal untuk mengikuti pendidikan kartografi di UKHO. 

Kapushidrosal juga menyampaikan bahwa Pushidrosal mengemban tugas sebagai Lembaga Hidrografi Nasional akan terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya melalui kerjasama bilateral maupun partisipasi dalam kelompok kerja (working group) organisasi internasional dan regional khususnya dalam pengembangan teknis survei dan pemetaan hidro-oseanografi serta mekanisme dalam distribusi Peta Laut Indonesia (paper chart) dan Electronic Navigational Charts (ENC). 

Sementara itu, Rear Admiral Tim Lowe mengatakan bahwa Pushidrosal merupakan mitra strategis bagi UKHO di kawasan Asia Tenggara yang memiliki wilayah perairan strategis di kawasan Asia Tenggara dan sebagian wilayahnya juga merupakan alur pelayaran perdagangan laut internasional sangat strategis dan padat, sehingga khususnya dengan mempertimbangkan keselamatan navigasi dan pelayaran bagi kepentingan aktifitas pelayaran internasional sehingga kerjasama antara UKHO – Pushidrosal tidak hanya memiliki arti penting bagi kedua pihak akan tetapi juga bagi komunitas pelayaran internasional sebagai pengguna utama (ab). 

Foto: Istimewa