Kamis, 08 Maret 2018

Bintan Genjot Wisata Olahraga Skala Internasional

Bintan/Kepri (IndonesiaMandiri) - Bintan akan terus mempromosikan wisata olahraganya menjadi lebih besar lagi, disamping wisata bahari, budayanya yang sudah dikenal lebih dahulu. Even Bintan International Marathon dengan tagline “Run and Discover”, akan dihelat di Bintan Beach International Resort, Pulau Bintan pada 15 Juli 2018 yang diprakarsai oleh tiga negara yaitu China (Beijing Hualing Sports Culture Media Co.Ltd), Singapura dan Indonesia ( PT. Bintan Resort Cakrawala, PT. Medianusa Permana)  dan telah ditandai dengan perjanjian pada 25 Januari 2018 yang lalu di Bintan Resorts.

Bintan International Marathon ini dibagi dalam tiga kategori, yakni: Full marathon (42.2KM), Half marathon (21.1KM), dan 10 KM Charity run. Bagi para elite-runners akan mengikuti Full marathon dan non-elite runners bisa mengikuti, baik Full maupun Half marathon. Kategori 10Km Charity Run ditujukan bagi yang tetap  ingin berpartisipasi, namun bukan dalam kategori Marathon, khususnya untuk menggaet partisipasi peserta dari lingkungan perusahaan-perusahaan dengan tujuan pengumpulan dana yang kemudian disisihkan kembali kepada masyarakat di Pulau Bintan.
 
Lomba lari marathon ini akan memakan waktu sekitar delapan jam dimana Start & Finish dipusatkan di Plaza Lagoi, Lagoi Bay yaitu salah satu kawasan wisata populer di Bintan Beach International Resorts. Sementara untuk rutenya sendiri akan melewati danau, pantai, memasuki wilayah-wilayah hotel, serta spot-spot menarik dan indah lainnya yang tentunya tidak sekedar menguji ketahanan fisik, namun juga kesempatan bagi peserta untuk mengeksplorasi lebih jauh akan keindahan alam di Pulau Bintan.

Kementerian Pariwisata RI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan mendukung even Bintan International Marathon sebagai wadah untuk meningkatkan kunjungan Wisatawan Mancanegara dan Promosi Pariwisata Daerah. Dengan penambahan even olahraga bertaraf internasional ini, diharapkan akan menyerap peserta mancanegara sekitar 3.500 hingga 4.000 orang serta jumlah penonton  wisman dan lokal hingga lebih dari 15.000 orang, dalam sehari saja. Jika event ini sukses terlaksana dengan baik, maka akan menjadi kegiatan olahraga Marathon dengan jumlah peserta mancanegara terbanyak di Indonesia. 

Pemerintah Kabupaten Bintan senantiasa akan terus melaksanakan even International sebagai upaya menggaet Wisman ke Pulau Bintan dan sebagai sarana promosi daerah. Dengan adanya penambahan event Bintan International Marathon, diharapkan akan menjadi event tahunan pada masa yang akan datang (fm) | Foto: Istimewa