Jumat, 02 Maret 2018

Kementan Permudah Izin Tanaman Pertanian


Jakarta (IndonesiaMandiri) - “Pusat Perizinan Varietas Tanaman Pertanian (PPVTP) secara organisasi dapat dikatakan sudah cukup, tetapi yang perlu ditingkatkan adalah fungsinya dan kapaitasnya. PVT tidak hanya tempat mendaftar tetapi juga harus bisa bagaimana menggodok regulasi dalam industri ini,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Hari Priyono dalam Rapat Koordinasi Pusat Perlindungan Varietas Tanaman Pertanian di Ruang Rapat Gedung B, Lt. 1, Kantor Pusat Kementerian Pertanian (28/2) 

Hari menambahkan, di industri ini untuk mempermudah perijinan maka semua hal hal yang terkait keluhan masyarakat harus dikurangi, tetapi tetap harus mempertahankan hal hal yang prinsip, jadi yang tidak prinsip jangan lagi dipersulit. 

Sementara itu Kepala Pusat PPVTP menyampaikan sedang membangun perijinan satu atap. Artiny satu permohonan dapat memperoleh tiga hal sekaligus yaitu pendaftaran, perlindungan dan pelepasan varietas. Target PPVT hingga akhir Maret 2018 semuanya sudah memakai sistem elektronik. 

Pada kesempatan yang sama Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian, Justan Riduan menyatakan meskipun sistem elektronik telah diterapkan, tetap juga dibangun disaster and recovery system (Backup Electricity and System) dengan memperhatikan SLA, yang bukan dengan cara manual karena dengan sistem manual akan rentan terhadap penyelewengan (hy/ab) | Foto: Istimewa