Senin, 12 Maret 2018

Kendaraan Tempur Baru Tentara Israel

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Guna menggantikan kendaraan tempur (ranpur) lapis baja beroda rantai Tipe M-113, Angkatan Bersenjata Israel akhirnya membuat inovasi dengan membuat kendaraan tempur beroda ban buatan dalam negerinya dengan nama Eitan. Hal ini diutarakan oleh Kementerian Pertahanan Israel saat mendapat persetujuan dari Komite Kementrian untuk bidang Keamanan, dengan rencana pembelian ratusan unit AFV Eitan (11/3).

Ranpur ini dikembangkan secara bersama oleh Israel Military Industries (IMI), Israel Aircraft Industries (IAI) dan Rafael.  Selanjutnya sedang dikembangkan sistem kanon baru untuk Ranpur. Penggantian Ranpur ini termaktub dalam Gideon Plan yang bertujuan antara lain untuk meningkatkan kemampuan operasional pasukan darat agar lebih efisien dan efektif dalam pembiayaan.

Diharapkan Ranpur 8x8 Eitan ini sudah dapat mulai menggantikan M113.  Eitan dikembangkan berdasarkan teknologi kendaraan tempur berat Merkava dan penampilan Ranpur Pengangkut Personil (APC), namun dengan biayanya lebih rendah.  Eitan akan memiliki kemampuan perlindungan yang lebih tinggi bagi personil yang dibawanya, dengan kemampuan serbu lebih mutakhir (ah) | Foto: Istimewa