Minggu, 04 Maret 2018

Koarmatim Ajak Masyarakat Gemari Wayang Kulit

Surabaya (IndonesiaMandiri) - Komando Armada RI Kawasan Timur/Koarmatim mengadakan Pagelaran Wayang Kulit dalam rangka malam prajurit Koarmatim bersama pimpinan TNI AL dengan masyarakat. Pagelaran Wayang Kulit yang dibuka untuk umum ini dilaksanakan pada 2 Maret 2018 pukul 19.00 sampai dengan selesai, bertempat di depan Pintu Gerbang Hang Tuah Koarmatim, Surabaya (02/03).

Pangarmatim menyampaikan kesenian wayang kulit merupakan budaya leluhur bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Budaya tersebut dari masa ke masa terus berkembang dan menjadi media pendidikan, penerangan, dakwah, pemahaman filsafat dan hiburan masyarakat. Namun kenyataannya ciri khas sekarang wayang kulit mengalami degradasi cukup parah di kalangan generasi muda kita, karena derasnya informasi yang masuk merubah kultur budaya yang ada di Indonesia.

“Malam ini saya ingin mengajak prajurit dan masyarakat “muri-muri budoyo Jawi” atau bersama-sama kita melestarikan budaya Jawa yang merupakan kebanggaan kita bersama, untuk itu kita mengemas wayang kulit menjadi tontonan kaula muda, dengan Lakon "Rahwono Pejah" oleh Dalang Ki Purbo Asmoro.

Selanjutnya, Asrena Kasal Laksda Arusukmono Indra Sucahyo menyampaikan amanat Kasal Laksamana TNI Ade Supandi bahwa pagelaran wayang kulit ini sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, juga sebagai salah satu sarana untuk memberikan pembelajaran tentang falsafah hidup yang dapat dijadikan panutan yang baik bagi kehidupan prajurit dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara (bp) | Foto: DispenArmatim