Rabu, 07 Maret 2018

Koarmatim Bahas Rencana Latihanan Keamanan Laut

Surabaya (IndonesiaMandiri) - Bertempat di ruang Auditorium Puslatkaprang Koarmatim, kegiatan Latihan Keamanan Laut (Latkamla) 2018, memasuki hari kedua dengan pembahasan penyampaian Direktif oleh Pangarmarim yang diwakili Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim (Danguskamlatim) Laksma Agus Hariadi (06/03).

“Adanya laporan yang diterima, kondisi perkembangan terakhir di perairan wilayah timur Indonesia seiring berbagai macam kegiatan ilegal seperti ilegal oil, ilegal fishing, ilegal logging, perompakkan dan sebagainya, semua kegiatan tersebut sudah sangat meresahkan dan mengganggu keamanan laut kita” , tegas Pangarmatim. Berkaitan dengan hal tersebut dan dengan pertimbangan yang matang, maka Pangarmatim memutuskan untuk melaksankan operasi keamanan laut dalam rangka melaksanakan penegakkan hukum dan menjaga keamanan laut Yuridiksi Nasional. 

Pangarmatim juga memerintahkan kepada Danguskamlatim selaku Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) untuk memimpin dan mengendalikan taktis operasi Kamla di perairan wilayah timur Indonesia. Sehingga operasi ini berjalan dengan secara maksimal dengan kekuatan yang dimiliki. Lalu Asops Pangarmatim akan menyampaikan data kekuatan unsur-unsur Komando Armada RI Kawasan Timur yang akan disiapkan untuk BKO ke Guskamlatim.

Untuk menghindari adanya kesalahan prosedur dalam operasi yang akan digelar, maka diharapkan
memahami aturan hukum dan perundang-undangan yang berkaitan dengan penegakan hukum dan menjaga keamanan di laut serta kesamaan pola tindak dalam menangani berbagai bentuk pidana di laut (bp) | Foto: DispenArmatim