Minggu, 11 Maret 2018

Kodam XVI/Pattimura-Walubi Gelar Operasi Katarak Gratis

Ambon (IndonesiaMandiri) - Kodam XVI/Pattimura bekerjasama dengan Perwakilan Umat Budha Indonesia atau Walubi Cabang Sumatera Utara menggelar bakti sosial berupa pelayanan kesehatan operasi katarak gratis, bertempat di Rumah Sakit Tk II Prof. dr. J.A. Latumeten Ambon, Jl. Dr Tamaela, Kecamatan Nusaniwe, kota Ambon (10/3).
 
Kasdam XVI/Pattimura Brigjen Tri Soewandoro yang menyampaikan pesan Pangdam menyebutkan bahwa Bakti Sosial Operasi Katarak ini adalah salah satu bentuk kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) dan kegiatan sosial masyarakat yang merupakan kerjasama antara TNI dengan Pengurus Daerah Walubi (Perwakilan Umat Budha Indonesia) Sumatera Utara, dilaksanakan selama dua hari di Wilayah Maluku (10-11/3). Kegiatan ini juga  tidak hanya dilaksanakan di Maluku tetapi akan dilaksanakan pula di Maluku Utara padabertempat di Rumkit Tingkat IV Ternate (13-14/3).
 
“Apa yang dilakukan TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura pada hari ini tidaklah seberapa bila dihadapkan dengan kebutuhan masyarakat di wilayah ini. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak untuk lebih peduli dan berkontribusi untuk membantu kesulitan masyarakat di Wilayah Maluku ini,” kata Kasdam.
 
Kegiatan Bakti Sosial Operasi katarak ini melibatkan Tim Medis berjumlah 25 orang terdiri dari Kolonel. Dr. Mohammad Irsan, SPM, Dr. Teguh Filbert Metaputra Dr. Sriana Wulansari dan tiga diantaranya merupakan paramedis dari Nepal, dengan melibatkan 1.029 orang pasien yang mengikuti screening. Namun setelah pelaksanaan screening pasien yang dinyatakan bisa mendapatkan pelayanan Operasi Katarak berjumlah 190 orang yang terdiri dari 85 orang asal Kota Ambon, 30 orang dari Kabupaten Namlea, 42 orang Maluku Tengah dan 33 Orang asal Kabupaten SBB. Sedangkan pelaksanaan screening di wilayah Maluku Utara dilaksanakan pada 10-11 Maret dengan target pasien berjumlah 750 orang (rm) | Foto: Istimewa