Rabu, 07 Maret 2018

Kodim Ternate Manfaatkan RRI Sosialisasi Program


Ternate (IndonesiaMandiri) - Kodim 1501/Ternate kini dapat menjelaskan kiprahnya kepada masyarakat melalui Program siaran Suara Sapta Marga di Stasiun Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia/RRI Ternate.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai narasumber Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, Kasdim Mayor Inf Anton Santoni, Pasiter Kapten Inf Jani Ch. Paunno dan Ba Harpal Kodim Sertu Ramli Rehalat. Dalam program yang berdurasi selama 60 menit tersebut dengan dipandu oleh angkasawan Sdr. Cecen membahas kiprah Satuan Kodim 1501/Ternate khususnya di wilayah Kota Ternate dan Kabupaten Halmahera Barat yang menjadi wilayah teritorialnya, baik berupa turut membantu menjaga situasi kamtibmas juga melaksanakan berbagai kegiatan teritorial dalam rangka membantu kesulitan rakyat maupun melakukan upaya pemberdayaan masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan guna membantu masyarakat sekitar untuk meningkatkan kesejahteraan dalam rangka menunjang pembangunan daerah baik melalui program rutin maupun program unggulan seperti emas hijau, emas biru, emas putih, upsus pajale, pertanian hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu juga yang saat ini sedang digenjot yaitu program Biogas dimana bahwa ini merupakan sumber energi baru yang terbarukan, yaitu dengan memanfaatkan sampah-sampah organik yang melimpah di Ternate dan sekitarnya agar bisa dimanfaatkan untuk menjadi gas alam untuk kepentingan warga. Selain itu juga dapat membantu menjaga lingkungan tetap terjaga dan asri.

Usai siaran, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti menyampaikan bahwa setelah sukses dengan berbagai program sebelumnya, kali ini Kodim Ternate memiliki program unggulan baru yaitu pengembangan Biogas sebagai sumber energi baru terbarukan. “Kita sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kota Ternate maupun Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat dan keduanya memberikan respon positif tinggal kita rancang sistemnya sehingga program ini dapat berjalan secara maksimal meskipun baru merintis,” jelas Dandim (ab).

Foto: Penrem 152