Rabu, 07 Maret 2018

Persiapan Jelang MNEX Ketiga Kian Matang

Mataram/NTB (IndonesiaMandiri) - Final Planning Conference/FPC dalam rangka pelaksanaan kegiatan yang ketiga Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 oleh TNI Angkatan Laut, merupakan kelanjutan dari kegiatan Initial Planning Conference dan Middle Planning Conference yang sebelumnya telah dilaksanakan. 

FPC 3rd MNEK 2018 merupakan kegiatan dengan agenda pembahasan akhir berkaitan dengan pelaksanaan 3rd MNEK 2018 yang rencananya berlangsung pada 4 – 9 Mei 2018mendatang dengan tema “Cooperation to Respond Disaster and Humanitarian Issues” (Kerja Sama untuk Menanggapi Bencana dan Permasalahan Kemanusiaan) yang berlangsung di Golden Palace Hotel, Lombok Nusa Tenggara Barat (5:3).

Kegiatan FPC 3rd MNEK 2018 sendiri berlangsung pada tanggal 6 – 7 Maret 2018 yang dibuka Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda I.N.G.N. Ari Atmaja mewakili Kasal. Rangkaian kegiatan FPC MNEK 2018 diawali dengan acara Ice Breaking dihadiri oleh delegasi dari 24 Negara peserta yang nantinya akan bergabung dalam kegiatan 3rd MNEK 2018 yang digelar di Pulau Lombok dan sekitarnya.

Asops Kasal menyampaikan, diskusi dan pembahasan ini dianggap sangat penting demi suksesnya 3rd MNEK 2018. Latihan bersama ini merupakan aktivitas yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan dan hubungan dibidang kemaritiman serta membangun kerjasama antar Angkatan Laut dari masing-masing Negara peserta. “Selain meningkatkan kemampuan dan kerjasama, even ini juga sebagai ajang mempromosikan Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi para wisatawan dari manca Negara. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya presentasi kunjungan wisatawan manca Negara pada daerah yang sebelumnya telah dilaksanakan MNEK seperti kota Batam dan kota Padang,” papar Asops.

Dalam pelaksanaan FPC ini, disamping delegasi mengadakan diskusi dan pembahasan, juga peninjauan oleh perwakilan ke tempat yang akan dijadikan lokasi rangkaian kegiatan 3rd MNEK 2018, meliputi Lombok Utara yang dijadikan lokasi kegiatan pembangunan infrastruktur atau Engineering Civic Action Programme (Encap) dan bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programme (Medcap), rumah sakit Mataram untuk fasilitas Chamber, Pulau Gili Trawangan yang dijadikan lokasi transplantasi terumbu karang, serta Pelabuhan Lembar yang akan dijadikan lokasi Fleet Inspection (bp) | Foto: DispenArmatim