Senin, 12 Maret 2018

Wonderful Indonesia Terpilih Sebagai Brand of The Year Indonesia 2018

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku mendapat sebuah kehormatan besar karena brand yang dipromosikan kemana-mana hingga seantero dunia, Wonderful Indonesia, dinobatkan sebagai Brand of The Year Indonesia 2018 oleh Philip Kotler Center for ASEAN Marketing. Penghargaan ini diserahkan di Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Ciputra World dalam awarding night WOW Brand Festive Day 2018, yang diselenggarakan MarkPlus Inc (8/3).

Penghargaan untuk Wonderful Indonesia diterima Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementarian Pariwisata Esthy Reko Astuty!mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sedang berada di Pameran Pariwisata Internasional, ITB Berlin.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada MarkPlus dan Philip Kotler Center, yang telah memberikan penghargaan kepada Wonderful Indonesia sebagai Brand of The Year Indonesia 2018,” tutur Menpar, disela-sela pameran ITB.

“Ini merupakan kehormatan besar buat Wonderful Indonesia. Dan saya akan membuktikan jika brand value itu ada impact-nya. Saya berikan contoh, tahun 2016 transaksi yang kita raih sebesar Rp6 triliun. Sedangan tahun 2017 jadi Rp8 triliun. Tahun 2018 ini, kita targetkan sebesar Rp10 triliun,” sambungnya.

Bukan tanpa alasan Wonderful Indonesia-Pesona Indonesia (WI-PI) dipilih menjadi Brand Of the Year Indonesia 2018. Perhitungannya dikalibrasi, dan dengan penilaian ketat. Buktinya, dalam awarding night WOW Brand Festive Day, penerima penghargaan kategori lain bisa lebih dari satu. Tapi, khusus Brand of The Year Indonesia, hanya ada satu.

"Pemberian penghargaan ini bukan hanya mengacu pada keberhasilan yang telah diraih WI-PI di dunia internasional, tapi dampak luar biasa yang berhasil disumbang, seperti tampilnya sektor pariwisata sebagai kontributor kedua perekonomian Indonesia di 2017. Pencapaian seperti ini barangkali akan susah ditandingi oleh brand lain di masa depan," ujar Founder and Chairman MarkPlus Inc dan salah satu Tri-Founder Philip Kotler Center for ASEAN Marketing Hermawan Kartajaya.

Hermawan menambahkan, sebagai salah satu sektor unggulan Indonesia, pariwisata berhasil mendatangkan 14,04 juta wisatawan mancanegara tahun 2017.
Kunjungan wisman ke Indonesia di tahun 2017 adalah suatu capaian yang acceptable. Terlebih, dipenghujung 2017 terjadi juga force majeur. Yaitu erupsi Gunung Agung di Bali.

Belum lagi keberhasilan Bali menjadi Best Destination dalam TripAdvisor Traveller’s Choice Award 2017. Penghargaan ini cukup bergengsi. Karena penilaiannya berbasis pilihan wisatawan dari seluruh dunia (ab) | Foto: Istimewa