Rabu, 25 April 2018

IKAL Gelar Pendidikan Bela Negara Untuk Pelajar SLTA

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Alumni PPRA 52 yg merupakan keluarga besar IKAL (Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas) membuat sebuah kegiatan pendidikan sejenis bela Negara dengan mengajak 154 pelajar dari SMA Pembangunan Bintaro di Tangerang (85 siswa 69 siswi) dengan didampingi 32 guru selama tiga hari dua malam (24-26/4) dengan dipusatkan di Resimen Induk Kodam Jaya atau Rindam, Condet, Jakarta Timur.  

“Kegiatan yang digagas oleh IKAL 52 ini tentunya sudah diketahui oleh Ikal Pusat. Intinya, kita ingin mengaplikasikan materi selama dalam pendidikan di Lemhannas seperti Wawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Sakti Pancasila dan Bela Negara untuk dipraktekkan di daerah atau wilayah. Sehingga masyarakat bisa lebih cinta terhadap negaranya. Ini harus dimulai dari generasi muda,” jelas Brigjen Dudung Abdurahman, Ketua IKAL 52 yang sehari-harinya kini menjabat sebagai Wakil Asisten Teritorial/Waaster Kasad.

Acara yang dibuka langsung oleh Jenderal TNI (Purn.) Agum Gumelar selaku Ketua Umum IKAL, berlangsung saat turun hujan cukup deras (24/4). Semua peserta tetap menjalankan upacara penuh khidmat. Dalam pembekalan materi selama tiga hari dua malam, bisa dikatakan hampir 80 persen berada di dalam kelas. Sisanya baru ada semacam latihan fisik seperti berbaris dan disiplin dari Rindam Jaya.

Nasruddin Tueka, salah satu panitia acara yang juga Kabiro Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga IKAL 52 mengatakan, bahwa kegiatan ini mengambil  tema “Untukmu Indonesiaku: Mempersiapkan Generasi Emas Sebagai Penentu Masa Depan Bangsa.” Dan kegiatan yang pertamakali dilakukan oleh IKAL 52 ini, akan berlanjut terus ke berbagai wilayah di Indonesia (ab).

Foto: abri