Sabtu, 28 April 2018

Merajut Cinta di Festival Gondang Naposo


Samosir (IndonesiaMandiri) - Acara berbalut budaya lokal ini sungguh unik. Namanya Festival Gondang Naposo, yang digelar di Pantai Pasir Putih Tanda Rabun, Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Festival ini menjadi jembatan naposo bulung (muda-mudi) untuk menemukan jodoh (rokkap ni tondi), yang berlangsung dua hari: 27-28 April. 

Saat pembukaan, alunan musik gendang khas Batak dan suling bertalu-talu membuat riuh suasana Gondang Naposo yang telah berjalan di tahun keempat dalam rangkaian even Horas Samosir Fiesta sepanjang 2018. 

Gondang Naposo mengenalkan budaya Batak untuk generasi muda. Inilah pesta tahunan muda-mudi yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir. Tema yang diangkat adalah 'Rebut Cintaku di Festival Gondang Naposo'. Festival kali diikuti oleh 16 tim peserta dari berbagai sanggar seni di Kabupaten Samosir. 

"Ini adalah event untuk melestarikan budaya lokal. Tujuannya untuk mengangkat tradisi lokal yang dimiliki masyarakat Batak. Selain itu, juga untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Kabupaten Samosir, khususnya Pantai Pasir Putih. Kami menggandeng industri sebagai sponsor event ini," ujar Kadispar Kabupaten Samosir, Ombang Siboro, yang ditemui disela sela acara. 

Gelaran budaya Gondang Naposo memiliki nuansa anak muda yang khas. Alhasil Pantai Pasir Putih Tanda Rabun berubah menjadi tempat nongkrongnya anak muda. Muda-mudi ini datang berpakaian khas Batak lengkap dengan aksesoris untuk memperlihatkan kreativitasnya dalam seni budaya. Semua antusias menonton penampilan dan tarian dari tiap peserta. 

Festival ini mengundang daya tarik juga wisatawan asing yang ikut larut 
melihat dan menari bersama masyarakat lokal. Saya sudah tiga hari mengelilingi Danau Toba bersama duq teman saya. Semuanya indah. Pas sekali saya datang ada festival ini. Tariannya unik. Sangat menarik. Lusa saya mau ke Jakarta dan memulai mengeksplor Pulau Jawa sampai Bali," ujar Lucas, turis asal Inggris. 

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo turut gembira. Menurutnya, “budaya Tanah Batak ini sangat kaya. Dan semua kekayaan alam yang ada di dalamnya sangat indah. Ini merupakan potensi pariwisata yang luar biasa dimiliki Danau Toba. Kabupaten Samosir sangat jeli mengolah potensi ini. Sangat istimewa” (ab). 

Foto: Dok.BPODT