Rabu, 25 April 2018

Perangkat Anti Drone


Singapura (IndonesiaMandiri) - Perangkat perorangan (Man pack atau MP) anti-drone Orion-I diperkenalkan sebagai perangkat yang mampu mendeteksi kehadiran drone dan melakukan jamming. 

Dikatakan sebagai produk pertama di dunia, nama perangkatnya Orion-I (MP), dengan sistem passive RF mampu mendeteksi, mengklasifikasi, serta menentukan arah datangnya drone dan mengenalinya sebagai kawan atau lawan (IFF). 

Terintegrasi dengan perangkat jammer yang dapat memilih sasarannya dan mampu menurunkan drone sasaran dengan efektif dan dalam waktu yang singkat. Sebelumnya dalam even Singapore Airshow pada Februari lalu, pihak TRD selaku pembuat anti-drone ini memamerkan anti-drone versi Orion-H yang sangat ringan dengan bobot sekitar 3 kg.  Dan juga Jammer Gun Orion-7 MP yang telah digunakan oleh sekitar 10 negara.  

Sementara pada even DSA 2018 juga dipamerkan sistem yang sedang di kembangkan berupa anti-drone yang dilengkapi dengan RF Direction Find serta konfigurasi kamera dan radar, untuk dipasang di kendaraan atau bagungan (mah). 

Foto: istimewa