Minggu, 29 April 2018

“Pesan Perdamaian” dari Toba Samosir

Balige/Sumut (IndonesiaMandiri) - Rangkaian arak-arakan Obor Paskah Nasional tiba di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dengan sambutan meriah. Masyarakat lokal serta tamu undangan tampak antusias berjejer rapi disepanjang jalan Kabupaten Tobasa (28/4).

Tampak Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Wakil Bupati Hulman Sitorus ikut serta. Banyaknya warga dan wisatawan yang tumpah ke jalan membuat Bupati dan Wakil Bupati kewalahan menyapa warga yang datang menghadiri acara paskah Nasional yang tahun ini mengambil tema "Karya Terbesar" ini.

"Obor paskah yang diarak ini disebut 'Peace ini Harmony' yang merupakan simbol  kerukunan dan kedamaian bangsa. Ini merupakan momentum yang sangat baik untuk dilakukan terus membangun Danau Toba dengan segala kelebihan toleransi keagamaannya," kata Bupati Tobasa Darwin Siagian. 

"Perayaan Paskah Nasional 2018 ini bukan sekedar prosesi peringatan keagamaan semata. Tetapi sebagai pesta rakyat, perayaan bersama," imbuhnya. 

Acara semakin meriah ketika rombongan tiba di Lapangan Sisingamangaraja, Balige. Rombongan disambut meriah ribuan warga dan wisatawan yang memenuhi area acara sebelum di tempatkan di depan panggung utama. Acara ibadah Paskah Nasional thn 2018 ini dimulai pukul 09.00 pagi.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo terkesima dengan acara yang sangat monumental ini.  “Ini sungguh luar biasa. Saya sangat senang atas sambutan dan dukungan dari pemerintah daerah dan Panitia Pelaksana Perayaan Paskah Nasional 2018. Hari ini perayaan di lapangan Sisingamangaraja menjadi sebuah pesta rakyat. Pesta bersama dengan balutan budaya Batak yang sangat kuat. Kemarin acara Festival Gondang Naposo di Kabupaten Samosir juga sama ramainya. Balutan seni dan budaya juga disuguhkan disana," puji Arie yang juga menilai acara ini menjadi magnet untuk wisatawan banyak berkunjung ke Danau Toba. 

"Kalau berbicara potensi, Danau Toba tidak ada habisnya. Tinggal sekarang konsistensi dari seluruh stakeholder pariwisatanya untuk terus berkomitmen membangun pariwisata. Contohnya dengan terus melaksanakan kegiatan nasional seperti ini," ucapnya (ab).

Foto: Dok.BPODT