Senin, 30 April 2018

Prajurit Yonif RK 732 Banau Bantu Rehab Rumah Penduduk

Galela/Halmahera Utara (IndonesiaMandiri)  - Seorang perempuan tua,  namanya Johra berusia 70 tahun, menangis haru ketika rumahnya di Desa Simau Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara, yang sudah rapuh, dibantu perbaiki oleh prajurit sekaligus anggota Satgas SSK I Yonif RK 732 Banau (29/04).
Ibu Johra adalah janda dengan 10 orang anak yang tinggal bersama salah satu anaknya di rumah tersebut. Untuk bertahan hidup sehari-harinya, ia hanya mengandalkan hasil kebun di dekat rumahnya seperti pisang dan umbi-umbian. Kebanyakan anak dari Ibu Johra belum memiliki pekerjaan tetap. Sedangkan di usianya yang senja ia sudah tak mampu lagi melakukan aktivitas berat.
Di sisi lain, kondisi rumahnya sudah tak  layak huni, dimana atap banyak bocor, papan dinding sudah lapuk, pagar rapuh, dan untuk lantainya hanya beralaskan tanah. Apabila hujan turun, air menggenangi lantai kamarnya, sedangkan apabila malam hari Ibu Johra kedinginan akibat atap papan yang sudah bolong.
Melihat kondisi tersebut, Kades Simau berkoordinasi dengan Satgas SSK I Yonif RK 732 Banau yang berkedudukan di Galela untuk membantu membedah rumah Ibu Johra. Dibawah komando Danki Satgas SSK I Lettu Inf Danil Supriatama langsung bergerak cepat dengan meninjau rumah tersebut. Selanjutnya anggota SSK I melaksanakan bedahrumah dengan mengganti atap daun yang sudah bolong, papan dinding yang sudah rapuh, mengecor lantai rumah, membuat pagar, serta mengecat dinding dan pagar rumah tersebut.
Dansatgas Letkol Inf Raymond Sitanggang mengatakan, “rehab rumah ini merupakan momentum yang sangat penting bagi TNI AD karena dalam kegiatan ini TNI AD memiliki ruang berkomunikasi sosial dengan masyarakat, karena itu akan terbangun solidaritas yang baik antara TNI dengan Rakyat.” Ibu Johra begitu terharu dengan apa yang dilakukan prajurit TNI AD. Ucapan terima kasih kepada Pemerintah Desa Simau dan Satgas SSK I Yonif RK 732 Banau diutarakan dengan penuh haru dan tangis (ab).
Foto: Yonif732/Banau