Kamis, 26 April 2018

Tim Eagle Indopura Kembali ke Tanah Air

Singaoura (IndonesiaMandiri) - Usai melaksanakan Latihan Bersama Eagle Indopura 2018, dua unsur Satuan Kapal Eskorta Koarmatim KRI Diponegoro (DPN) - 365 dan KRI Sultan Iskandar Muda (SIM) - 367 bertolak dari Dermaga Changi Naval Base (CNB) Singapore menuju Pangkalan Koarmatim Surabaya (22/4).

Sebelum melaksanakan pemberangkatan dari Singapura, Komandan KRI DPN-365 Letkol Laut (P) Aminuddin Albek selaku Dansatgas Exercise Eagle Indopura 2018 menerima kunjungan dari Atase Pertahanan RI untuk Singapura Kolonel Laut (P) Sumartono beserta Ibu bertempat di Lounge Room Perwira KRI DPN - 365 dan menyempatkan diri untuk melakukan foto bersama di haluan KRI dengan seluruh Prajurit.

Exercise Indopura merupakan salah satu bentuk kerja sama pertahanan laut yang dilaksanakan oleh TNI AL dan Republic of Singapore Navy (RSN). Latihan ini dilaksanakan setiap dua tahun sekali dengan tuan rumah penyelenggara bergantian antara Indonesia dan Singapura. Exercise Eagle Indopura 2018 juga menandai 42 tahun kerjasama TNI AL dan Republic Singapore Navy.

Dalam latihan bersama tersebut selama lintas laut menuju Indonesia, dilaksanakan berbagai latihan dari TNI Angkatan Laut  yaitu KRI DPN-365 dan KRI SIM-367, sedangkan dari Singapura adalah RSS Formidable, RSS Independence dan RSS Valour. Selama pelayaran, unsur-unsur latihan mengadakan Boarding Exercise yaitu Tim VBSS dari RSN sebagai Tim penyerbu dan KRI SIM sebagai kapal sasaran. Kegiatan dilanjutkan dengan peran heli dan serial latihan lainnya (bp).

Foto: DispenArmatim