Kamis, 10 Mei 2018

Asian Games Diharapkan Bebas Asap Karhutla


Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menjelang perhelatan olahraga internasional Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang, diharapkan tak ada asap yang disebabkan dari kebakaran hutan dan lahan/karhutla di sejumlah daerah. Oleh karenanya, Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK Manggala Agni telah menyiapkan dukungan untuk pengendalian karhutla di Provinsi Sumatera Selatan. Dukungan ini untuk mewujudkan penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di Benua Asia tersebut berjalan dengan baik tanpa gangguan bencana asap. 

Sebanyak 16 regu Manggala Agni dibentuk pada empat (Daerah Operasi), seperti Daops wilayah Sumatera Selatan, meliputi Daops Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI), Musi Banyuasin (Muba), dan Lahat dengan jumlah personil mencapai 243 orang. Semua regu telah dilengkapi sarana dan prasarana penanganan karhutla. 16 regu tersebut juga akan didukung oleh Brigade Pengendalian Karhutla dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan dan Balai Taman Nasional Berbak Sembilang. 

Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Raffles B. Panjaitan menyampaikan bahwa sejauh ini Manggala Agni secara rutin telah melakukan patroli pencegahan dengan menyisir daerah-daerah rawan. Aksi tersebut semakin intensif dilakukan melalui patroli terpadu Manggala Agni bersama anggota TNI, POLRI, dan Masyarakat Peduli Api/MPA (lw). 

Foto: Dok.KLHK