Senin, 28 Mei 2018

Kampanye “Less Waste More Games”, Bakal Semarakkan Asian Games


Jakarta (IndonesiaMandiri) - Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK Novrizal Tahar menegaskan, semangat penyelenggaraan Asian Games Agustus nanti juga harus dibarengi dengan sikap untuk tertib dan santun dalam hal kebersihan mengelola sampah.

“Karena soal sampah ini terkait dengan harga diri bangsa juga,” tegas Novrizal kepada pers, saat berdiskusi dengan penyelenggara Asian Games Inasgoc serta konsultan pendukung lainnya, di Hotel Park Lane, Jakarta (25/5).

KLHK mendukung penuh berbagai upaya untuk mengurangi persoalan sampah baik sebelum, disaat dan setelah pesta olahraga bergengsi internasional Asian Games ini. Makanya, kampanye pengurangan sampah, “Less Waste More Games” akan didiengungkan terus, terutama sebelum Asian Games dimulai.

Ini menyangkut perilaku manusia. Siapa saja, baik kita sebagai tuan rumah, juga para tamu atlet beserta petugas pendukung dan penontonya harus terus dihimbau untuk tertib membuang sampah. “Prinsip kelola sampah dengan 3R (reduce, replace dan recyle) tetap dijalankan. Himbauan untuk menggunakan tumbler untuk botol minuman (tidak botol plastik) misalny, adalah hal sederhana tapi penting yang harus selalu diingatkan ke publik,” ujar Novrizal.

Asian Games nanti akan dihadiri 45 negara dan 15 ribuan orang. Ini belum termasuk penonton dari dalam negeri sendiri (ab).

Foto: abri