Rabu, 23 Mei 2018

Koarmada I Ikuti Patkor India-Indonesia 31/2018


Jakarta (IndonesiaMandiri) - Unsur Koarmada I yang terdiri dari KRI Sultan Thaha Syaifudin-376 Satkor Koarmada I dan Pesawat udara TNI Angkatan Laut P-8304 dimana kedua unsur tersebut BKO Guskamla Koarmada I, mengikuti kegiatan Patroli Terkoordinasi (Patkor) Indindo 31 Tahun 2018 di perairan perbatasan Indonesia dan India. 

Kegiatan Patkor yang dilaksanakan setiap tahunnya tersebut bertujuan untuk menciptakan opini positif dalam upaya mewujudkan keamanan di laut, sehingga memberikan rasa aman bagi pengguna laut terutama bagi kapal-kapal yang akan memasuki perairan Selat Malaka. 

Dalam kegiatan Patkor yang ke-31, KRI STS-376 melaksanakan berbagai persiapan di  Sabang, diantaranya bekal ulang logistik, pemantapan kondisi teknis dan pesawat pendukung serta melaksanakan dril-dril latihan para prajurit yang akan dilaksanakan selama Patkor. Pada hari Selasa 22 Mei 2018 KRI STS-376 bertolak dari Sabang menuju Port Blair India. Dalam kegiatan Patkor Indindo ke-31 tersebut, sebagai Senior Officer dari TNI AL adalah Danguskamlaarmada I Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso dengan Komandan Satuan Tugas (Dansatgas)  Kolonel Laut (P) Edi Haryanto yang kesehariannya menjabat sebagai Danlanal Sabang. 

Selama melaksanakan Patkor, direncanakan KRI STS-376 akan menggelar latihan bersama dengan Kapal Perang India Navy diantaranya Passing Exercise (Passex), latihan Manuver Taktis (Mantak), latihan Replenishment At Sea (RAS) serta latihan Visit Board Search and Seizure (VBSS). Sementara selama di pangkalan Port Blair India, akan diisi berbagai kegiatan olahraga bersama, malam seni budaya dan culture programme (lw). 

Foto: Dispen Armada I