Jumat, 25 Mei 2018

Lanal Ranai Evakuasi Kapal Yatch Malaysia Di Natuna


Natuna/Kepulauan Riau (IndonesiaMandiri) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai berhasil mengevakuasi Kapal Yatch Fukumaru yang mengalami kerusakan mesin di Perairan Midai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (24/5). 
           
Informasi dan berita kecelakaan Kapal Yatch Fukumaru adalah hasil koordinasi antara Basarnas Natuna dan Basarnas Daerah yang telah berkoordinasi dengan Guspurla dan Guskamla Armada I di dekat lokasi kejadian. 

Kronologis kejadian berawal dari laporan Basarnas Daerah Natuna ke Puskodal Mako Lanal Ranai tentang adanya masslah Kapal Yatch Fukumaru di Perairan Midai, Kabupaten Natuna pada posisi 02.56.472 N  107.391. E (23/5). Pihak Basarnas meminta TNI AL untuk membantu evakuasi. 

Selanjutnya Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan memerintahkan jajarannya untuk membantunya dengan juga mengerahkan Pesawat patroli maritim TNI AL Cassa U-618 BKO Guspurla Koarmada I (24/5). 

Menindaklanjuti laporan tersebut, Komandan Lanal Ranai segera memerintahkan Personel Posal Midai yang berlokasi sekitar 20 NM dari lokasi kejadian untuk melakukan SAR dan evakuasi terhadap Kapal Yatch Fukumaru. Selanjutnya Personel Posal Midai melaksanakan evakuasi Kapal Yatch Fukumaru ke Dermaga Pasar Midai depan Posal Midai dengan menggunakan kapal pompong KM. Anugerah Suci. 

Adapun data Kapal Yatch Fukumaru yaitu kapal Berbendera Malaysia, tiga orang crew dengan Warga Negara Jepang atas nama Akio Fukumoto (Laki-laki), Kinuichi Iwasa (Laki-laki), Mayumi Sasaki (Perempuan), Pelabuhan asal Langkawi dan Pelabuhan tujuan Labuan. Kini, kapal sudah sandar di dermaga Midai dan dalam pengawasan Posal Midai Lanal Ranai untuk proses lebih lanjut (ab). 

Foto: Dispen Armada I