Sabtu, 12 Mei 2018

Lantamal XII Pontianak&Warga Bantu Evakuasi KLM Cahaya Muda


Ketapang/Kalbar (IndonesiaMandiri) - Komandan Pos TNI AL/Dan Posal Kendawangan Lantamal XII Pontianak Letda Laut (P) Heri Widagdo beserta prajuritnya dibantu dengan warga Pulau Cempedak melaksanakan evakuasi lanjutan, yaitu proses pengurasan dan evakuasi karet mentah KLM Cahaya Muda yang mengalami kebocoran di perairan sebelah utara Pulau Cempedak, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. 


Posal Kendawangan terus monitoring kondisi KLM Cahaya Muda, dengan melakukan penambalan pada lambung kiri kapal yang bocor akibat menabrak batu karang saat melintas di perairan Pulau Cempedak kendawangan pada minggu lalu. 



Perbaikan memakan waktu 3-4 hari yang dimulai pada Senin 7 Mei 2018. Saat ini sudah membuahkan hasil dan air yang masuk kedalam palka kapal dapat di kuras dan badan kapal sudah terangkat ke permukaan air serta bisa ditarik ke lokasi lebih aman. Proses selanjutnya menunggu bantuan kapal dari Pontianak untuk pemindahan barang angkutan karet mentah sebanyak 80.000 Kg. 



Posisi KLM Cahaya Muda saat ini berada 
dilokasi yang lebih aman yaitu dekat Selat Bilik, satu kilometer dari arah timur lokasi semula. Proses pemindahan kapal tersebut dilaksanakan oleh prajurit Posal Kendawangan Lantamal XII Pontianak dibantu warga nelayan Pulau Cempedak. Sementara itu, kondisi ABK terpantau dalam keadaan baik dan sehat (bp). 



Foto: DispenArmabar