Jumat, 04 Mei 2018

Menteri Pertanian Lepas Ekspor Jagung dan Kelapa Gorontalo


Gorontalo (IndonesiaMandiri) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas ekspor dua komoditi jagung dan kelapa asal Kabupaten Gorontalo ke negara Filipina dan Tanzania (3/5). 

"Saya ingin sampaikan kabar gembira bahwa hari ini kita kembali melakukan ekspor jagung ke negara Filipina. Pada tiga bulan yang lalu kami ke sini juga melakukan ekspor rencana 50 ribu ton, kami terima laporan bahwa sudah 70 ribu ton yang diekspor," ujar Mentan Amran di Gorontalo. 

Mentan Amran mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan penuh kepada Gorontalo untuk meningkatkan target ekspornya ke negara-negara tetangga dari 70 ribu ton menjadi 100-150 ribu ton. 

Tahun ini target jumlah ekspor jagung dari seluruh Indonesia akan ditambah lagi 500 bahkan lebih, seperti arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor dan investasi. “Kami sangat mengapresiasi kepada Gubernur, Bupati se-Provinsi Gorontalo, dimana janjinya kepada kami bahwa Gorontalo akan mengekspor jagung tercapai. Ada dua hal yang dapat mengangkat kesejahteraan petani dan bisa menopang pertumbuhan ekonomi. Pertama yaitu ekspor yang kita lakukan sekarang, dan kedua adalah investasi. Sekarang ini kita mengejar ekspor, karena negara kaya, besar, dan kuat," tegas Amran. 

"Ekspor jagung dan kelapa ini adalah hadiah ulang tahun kepada Pak Menteri dari kami rakyat Gorontalo," kata Roem Kono, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI di sela-sela pelepasan ekspor kelapa. 

Roem yang konstituen berasal dari Gorontalo merasa bahagia dengan semua program dan kinerja Amran dalam meningkatkan produksi pangan. Menurut politikus asal Golkar ini, ekonomi dan kesejahteraan Gorontalo meningkat. 

Mengenai pribadi Amran, kata Roem, pria kelahiran 27 April 1968 itu merupakan pekerja keras dan sangat memperhatikan petani. "Beliau, paham betul ide Jokowi-JK. Pokoknya, rising star," puji Roem (ab). 

Foto: Dok.Kementan