Rabu, 09 Mei 2018

Peran Strategis Pushidrosal Dalam Multilateral Naval Exercise Komodo


Lombok (IndonesiaMandiri) - Suksesnya pelaksanaan Multilateral Naval Exercises Komodo (MNEK) 2018 yang dilaksanakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat 4-9 Mei ini merupakan merupakan buah kerja keras dari segenap elemen yang ada di jajaran TNI AL dan dukungan dari pemerintah daerah setempat. 

Puluhan kapal perang dari 37 negara sahabat turut hadir Perhelatan akbar TNI AL yang ketiga ini dengan tema “Cooperation to Respons Disaster and Humanitarian Issues.” 

Pushidrosal sebagai Komando Utama Pembinaan di jajaran TNI AL bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan Hidro-Oseanografi (Hidros) yang meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun umum, menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut. Juga berkewajiban menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi akurat dan terpercaya guna menjamin kelancaran dan keselamatan kapal-kapal negara peserta. 

Dalam MNEK, Pushidrosal telah melaksanakan survei dan pemetaan daerah perairan Lombok dan sekitarnya, beberapa bulan sebelum even akbar tersebut digelar. Data hasil survei tersebut setelah diolah di Pushidrosal, dibuatkan peta khusus perairan lombok dan sekitarnya yang digunakan sebagai panduan dalam lego jangkar yang aman dan bermanuver di laut. 

Selain peta khusus, Pushidrosal juga telah membuat buku panduan navigasi yang berisi informasi mengenai kedalaman laut dan posisi lego jangkar, formasi parade kapal perang, pasang surut, arus dan cuaca, serta daftar terbit dan tenggelamnya matahari. 
Peta khusus dan buku panduan yang diterbitkan Pushidrosal tersebut sangat penting sebagai alat bantu navigasi negara peserta latihan, dengan harapan perhelatan tersebut dapat berjalan dengan aman, lancar, dan sukses, sehingga hasil dari penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat tercapai (ab). 

Foto: Dispenal