Jumat, 25 Mei 2018

Pesona Danau Toba Bakal Merayu Wisatawan Asian Games Datang


Medan (IndonesiaMandiri) – "Asian Games merupakan momentum yang baik untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Sekaligus mendulang wisatawan mancanegara. Ini harus kita maksimalkan. Apalagi Danau Toba merupakan salah satu dari 10 destinasi wisata prioritas," ujar Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba/BPODT Arie Prasetyo kepada pers (22/5). 

Pesona Danau memang sudah tak diragukan lagi. Sebagai danau terbesar di Indonesia ini, termasuk dalam paket wisata yang dijual untuk Asian Games 2018. Ada dua paket perjalanan wisata Danau Toba yang nantinya dipasarkan kepada para wisatawan Asian Games 2018. Yaitu paket Fantastic Toba serta Amazing Lake Toba. Sejumlah destinasi andalan dengan perjalanan wisata yang menyenangkan, menjadi menu yang ditawarkan pada paket berdurasi 5 hari 4 malam itu. 

Destinasi yang ditawarkan antara lain Brastagi, Parapat, dan Pulau Samosir. Semua akan dieksplore habis. Suguhan panorama alam yang memukau menjadi bumbu penyedapnya. Kekayaan budaya Batak yang begitu kental, menjadi santapan empuk untuk diabadikan. City tour ke Kota Medan menambah daya tarik bagi paket wisata tersebut. 

Harga yang ditawarkan begitu menggiurkan. Paket Fantastic Toba di bandrol dengan harga US$486 per pax. Sedangkan paket Amazing Lake Toba telah di bandrol dengan harga US$450 per pax. 

"Langkah strategis ini tentunya akan kita dukung. Segala persiapan yang dibutuhkan kami koordinasikan dengan stakeholder terkait. Sehingga nantinya ini menjadi sebuah stimulus untuk mengangkat pariwisata Danau Toba. Apalagi Obor Asian Games juga akan mengunjungi Danau Toba pada akhir Juli nanti," ucap Arie. 

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, kehadiran Asian Games 2018 adalah momen tepat untuk membawa dunia ke Indonesia. Sehingga harus dimanfaatkan untuk menambah pundi-pundi wisatawan. 

Di 2015 tercatat kunjungan wisatawan mencapai 171.000 orang, tahun 2016 meningkat menjadi 190.000 orang, 2017 mencapai lebih dari 200.000 orang. 

"Kemaslah pariwisata Indonesia dengan indah, karena Asian Games merupakan momentum untuk mendongkrak pariwisata Indonesia. Bagi saya bukan masalah Ringgit Malaysia, Dollar Singapura atau Yen Jepang berputar di Indonesia. Yang penting hasilnya dapat dinikmati masyarakat Indonesia. Jadi mari kita jadikan Asian Games ajang untuk sukses. Sukses prestasi dan juga sukses perekonomian," sambung Menpar (rm).