Rabu, 30 Mei 2018

Prajurit Yonif R515/UTY Bina Satlinmas di Aru Tengah, Maluku


Mesiang/Maluku (IndonesiaMandiri) - Sebagai upaya peningkatan peran serta Satuan Perlindungan Masyarakat/Satlinmas, Camat Aru Tengah Selatan Asri Walay Selaku bekerja sama dengan Pos Satgas dari Yonif R 515/UTY yang berada didesanya menggelar acara pemilihan dan Pelatihan calon anggota Linmas (26/5). 

Adapun pemilihan anggota linmasnma ditunjuk langsung oleh Kades Mesiang Piter Walay dengan hasil meliputi tes kesehatan dan penilaian kepribadian. Untuk kegiatan pelatihan sendiri Pemda mempercayakan kepada personel Pos Satgas  Yonif Raider 515/UTY dan Babinsa Desa Mesiang untuk dilatih dan di bekali, terutama tentang kedisiplinan serta wawasan kebangsaan. 

Kegiatan pelatihan dan pemberdayaan  Satlinmas ini diikuti oleh perwakilan masyarakat yang sudah lolos seleksi berbagai tes, khususnya kesehatan dan kepribadian dalam bermasyarakat kali ini 10 orang terpilih. Mereka dilatih langsung oleh Satgas Yonif R 515 Kostrad Danpos BKO Satgas Yonif Raider 515/UTY. Pelda. Muryono menunjuk tiga orang anggotanya untuk memberikan beberapa Materi pembekalan diantaranya satu orang berkualifikasi kesehatan dan 2 orang bertugas memberi materi pemahaman tentang tugas dan fungsi Linmas. 

"Kami berikan dengan semaksimal mungkin ilmu yang kami punya kepada masyarakat diantaranya adalah Ilmu kesehatan dan Wawasan Kebangsaan" ucap Pelda Muryono di sela sela kegiatan 

Satlinmas adalah satuan perlindungan masyarakat desa yakni membantu pemerintah daerah, kepolisian dalam harkamtibmas, perbantuan kepada TNI dalam upaya pertahanan negara, dan perbantuan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan sebagai  badan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi,di desa atau Kecamatan (ab). 

Foto: Yonif 515/UTY