Selasa, 22 Mei 2018

PT Steadfast Marine Tbk Ramaikan Industri Pembuatan Kapal Nasional


Jakarta (IndonesiaMandiri) - Usia perusahaan yang bergerak dalam industri pembuatan kapal dengan nama PT Steadfast Marine Tbk baru memasuki usia 13 tahun (berdiri sejak 2005). Tetapi produksi aneka jenis kapal yang dibuatnya sudah lebih 80 unit. 

Perusahaan yang memiliki industri kapalnya di bibir Sungai Kapuas, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, telah mengantongi berbagai sertifikasi berskala nasional dan internasional serta berada di kawasan berikat, sehingga memudahkannya untuk berkembang. Terlebih, kebijakan Pemerintahan Jokowi-JK yang menekankan aspek maritim sebagai salah satu sektor unggulan. 

Kini, Steadfast Marini melirik pasar umum, di mana akan menawarkan 350.003.000 lembar sahamnya ke publik seharga antara Rp 110 hingga Rp120 per lembar, dalam sebuh acara penawaran umum perdana sahamnya, di Financial Club, Graha CIMB Niaga, Jakarta (21/5). 

Direktur Utama Steadfast Marinie, Rudy Kurniawan Logam menyebut seluruh hasil IPO akan dikembangkam untuk industri kapalnya yang berteknologi tinggi. “Kita akan fokus kedepan untuk pembuatan kapal angkut LNG. Kita siap akan bersaing dengan industri kapal Korsel dan Jepang,” tutur Rudy optimis. Steadfast Marine juga bekerja sama dengan perusahaan kelas internasional milik Belanda, Damen, dalam hal pengembangan teknologi tinggi di industri perkapalan. 

Beberapa jenis kapal yang pernah dikerjakan ini diantaranya kapal keruk, kapal cepat, kapal latih, tug boat hingga kapal penumpang. “13 kapal pesanan dari Kementerian Perhubungan sudah kami kerjakan, di manan delapan sudah selesai dan lima masih dalam pengerjaan,” sambung Rudy (mab). 

Foto: abri