Selasa, 15 Mei 2018

Pushidrosal Perbarui Peta Laut di Perairan Luwuk


Saumlaki/Maluku Tenggara Barat (IndonesiaMandiri) - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan laut (Pushidrosal) melaksanakan kegiatan pemutakhiran Peta Laut Indonesia (PLI) untuk daerah perairan Luwuk, Banggai, Sulawesi Tengah.

Kegiatan pemutakhiran PLI nomor 309 daerah perairan Luwuk Sulawesi Tengah ini dilaksanakan dengan Operasi Survei dan Pemetaan (Opssurta) Hidro-oseanografi, yang meliputi pengumpulan, pengolahan dan penyajian Data Hidro–Oseanografi di perairan Luwuk Banggai Sulawesi tengah.

Selama 50 hari Tim Survei Pushidrosal dengan kekuatan 15 personel  di bawah pimpinan Komandan Unit Survei IV  Letkol Laut (P) Sinung Budi, melakukan pekerjaan pengambilan data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar laut, verifikasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran(SBNP), pemasangan stasion pasang surut, pengukuran arus, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengamatan meteorologi, verifikasi toponimi serta pengumpulan data geografi maritim.

Data yang telah didapatkan akan segera divalidasi dan diolah kembali di Pushidrosal, yang nantinya akan dipergunakan sebagai dasar dalam pemutakhiran PLI daerah perairan Luwuk.

Guna menjamin keakuratan data yang dihasilkan agar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh organisasi Hidrografi Internasional/ International Hydrographic organization (IHO), kegiatan survei diinspeksi oleh pejabat yang ditunjuk Kapushidrosal. Tim Inspeksi diketuai  oleh Direktur Personel Pushidrosal Kolonel Laut (S) Suhartoyo didampingi Kasubditdalatopssurta Letkol Laut (P) Franciscus Asisi Mahendra W.H. Tim inspeksi ini menerima laporan kemajuan atas seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan serta hambatan dan kendala yang dihadapi oleh tim survei.

Bersamaan dengan kegiatan Inspeksi, Pushidrosal bersama-sama dengan Danlanal Palu Letkol Laut (P) Tomy Herlambang berkesempatan meninjau lokasi yang diberikan oleh Pemda Kabupaten Banggai kepada TNI AL yang rencananya akan digunakan sebagai lokasi Lanal Luwuk, yang sampai saat ini masih berupa Posal.

Penyerahan sertifikat tanah seluas 4,5 hektar dilakukan oleh Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo  kepada TNI AL yang diwakili Danlanal Palu. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Banggai menyampaikan harapan warga Banggai, agar dengan dibangunnya Lanal di daerah Luwuk ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan di perairan Banggai dan sekitarnya,  serta dapat membantu pemda setempat dalam memajukan pembangunan di sektor maritim yang saat ini sedang digalakkan (tim).

Foto: Dok.Pushidrosal