Jumat, 04 Mei 2018

Senapan Serbu Anyar Marinir AS


Jakarta (IndonesiaMandiri) - Pemerintah AS telah menyetujui pilihan senapan serbu untuk Korps Marinir Amerika Serikat/USMC yaitu M27 IAR (Senapan Serbu Infanteri) buatan pabrik Heckler & Koch, Jerman.  Keputusan ini merupakan kelanjutan dari pembelian senapan serbu sebelumnya yaitu jenis M38 (versi senapan penembak tepat dari M27). 

M38 tercipta dari pengalaman tempur di Iraq dan Afghanistan dimana petembak runduk harus mampu melumpuhkan target setidaknya dalam jangkauan jarak 600 meter. M38 digunakan oleh seorang personil petembak runduk per satu grup infanteri marinir. Kehadiran M38 ini masih sering di perdebatkan di komunitas petembak runduk Korps Marinir, dimana menurut mereka M38 kurang cocok untuk digunakan sebagai senapan petembak runduk. Namun hal tersebut tidak menghambat penempatan senapan M38 tersebut.  

Setidaknya sudah tiga MEF (Marine Expeditionary Forces) serta Pasukan Cadangan Korps Marinir telah menerima distribusi senapan tersebut. Dengan totaI: I MEF 324 pucuk, II MEF 243 pucuk dan III MEF 81 pucuk. M38 esensialnya adalah M27 dengan alat bidik (teleskop) Leupold TS-30A2 Mark 4 MR/T (mah/ab). 

Foto: Istimewa