Jumat, 08 Juni 2018

Kiat Hadapi Turunnya Kunjungan Wisman Di Ramadhan

Jakarta (IndonesiaMandiri) - Menteri Pariwisata Arief Yahya tak terlalu gusar dengan fenomena turunnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air saat Ramadhan. Karena ini adalah sebuah keniscayaan, layaknya semua produk barang dan jasa akan ada masa menurun (low seasons). Itu yang harus jeli memilih kiat untuk meningkatkan kunjungan wisman, salah satunya melalui _bundling_ atau _hot deal_ selama Ramadhan.

“Sebagai solusinya, kita membuat  program Hot Deals  Visit Wonderful Indonesia (ViWI)  2018 dengan harga bundling hingga 50% sampai 70%,”, kata Menpar Arief Yahya dalam acara Forum Wartawan Pariwisata/Forwapar Ngabuburit Bareng Menpar serta  peluncuran Pesona Mudik 2018 dan Oleh-oleh Artis Enterpreneur yang berlangsung di Jimbaran Lounge, Ayana Midplaza Sudirman Jakarta (6/6).

“Rata-rata pergerakan wisnus per bulan 20 juta di Ramadhan turun menjadi 10 juta, namun akan dapat tertutupi ketika memasuki liburan Idul Fitri jumlah pemudik mencapai 20 juta, sehingga periode Ramadhan-Lebaran terjadi pegerakkan 30 juta wisnus,” yakin Arief Yahya. Umumnya saat Ramadhan, kisah Menpar, kunjungan wisman termasuk dari ASEAN maupun negara yang mayoritas penduduknya beragam Islam, seperti Malaysia, menurun hingga 50%.

_Hot deal_ pada prinsipnya menerapkan konsep _sharing economy_ yaitu menjual barang atau jasa yang tidak laku  atau _excess capacity_ dengan diskon besar hingga 70% sehingga mampu menarik calon wisman pada masa _low season_ ini.

Pada kesempatan itu Menpar Arief Yahya juga meluncurkan Pesona Mudik 2018 dan Oleh-oleh Artis Entrepreneur. Pesona Mudik 2018 diharapkan akan menemani para pemudik mendapatkan informasi penting pariwisata di masing-masing daerah, misalnya top-10 destinasi, top-10 kuliner, top-10 oleh-oleh terbaik atau terpopuler di daerah yang disampaikan oleh para _endorser_ salah satunya dari para artis enterpreneur yang melakukan bisnis kue oleh-oleh artis.Selain para pejabat Kemenpar, acara ini juga dihadiri Direktur Konsumer Bank BRI Handayani, CEO Rumah Zakat Nur Effendi dan ikut diramaikan oleh entrepreneur selebrity seperti Ricky Harun, Teuku Wisnu, dan Herfiza.

Oleh-oleh para artis entrepreneur merupakan bagian program co-branding Wonderful Indonesia (WI) dan Pesona Indonesia (PI) dalam mempromosikan brand produk yang dimiliki para artis yang sekaligus merupakan _endoser_. Kemenpar telah menjaling _co-branding_ dengan 100 _brand_ , sebanyak 37 _brand_ di antaranya Oleh-oleh artis yang tersebar di berbagai kota atau destinasi wisata di Tanah Air (pn).

Foto: Dok.Kemenpar