Selasa, 26 Juni 2018

KRI REM- 331&KRI MKS- 590 Latihan Di Kwajelein, Kepulauan Marshal

Jayapura/Papua (IndonesiaMandiri) - Dua kapal perang TNI AL dari Koarmada II, KRI Raden Eddy Martadinata (REM) – 331 dan KRI Makassar (MKS) – 590 mengikuti Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim of Pacific (RIMPAC) 2018, dipimpin oleh Danguskamla Koarmada III Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi selaku Dansatgas. Kapal bertolak dari dermaga Jayapura menuju Kwajelein, Kepulauan Marshal, Pasifik Selatan (25/06).

KRI REM- 331 melaksanakan latihan diantaranya Command Brief, pelajaran Sensor bawah air (Sonar) di ruang PIT, Ras Approach (manuver), Bahasa inggris untuk seluruh ABK, Kesenian, Debrief, Sport Activity dan latihan peran-peran.
KRI REM – 331 yang dikomandani Kolonel Laut (P) Sandharianto juga melaksanakan latihan pembekalan di laut atau Replenishment at Sea (RAS) dengan Kapal USNS Henry J Kaiser – 187 dari Amerika Serikat, dengan melaksanakan pengisian bahan bakar, Pelaksanan dengan UNREP atau Underway Replenishment dengan Kapal USNS yang bertipe Replenishment Oiler. Kapal USNS Henry J Kaiser - 187 megirimkan tali Gunline di haluan KRI REM – 331 dan gunline di Station pembekalan untuk mengirimkan tali Messengen UNREP dan Span Wire sebagai pejalan probe kapal pemberi atau NATO 1 SYSTEM.

Adapun tujuan dari latihan RAS atau UNREP adalah memperpanjang waktu jelajah kapal perang tanpa perlu kembali ke pangkalan. Dengqn cara ini sangat efektif karena dapat menjaga kerahasian operasi dan kapal perang dapat mendapat jarak lebih jauh.

Satgas Latma Multirateral Rimpac 2018 berangkat dari Koarmada II Surabaya untuk melaksanakan lintas laut selama 79 hari, singgah di beberapa tempat antara lain Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut X Jayapura, Kwajelein Kepulauan Marshal, dan hingga akhirnya merapat di Pearl Harbour-Hawaii, Amerika Serikat.

Latma Multilateral Rimpac merupakan agenda latihan peperangan maritim multilateral terbesar di dunia, yang diselenggarakan dua tahunan oleh Third Fleet Command – United States Pasific Fleet, US Navy yang melibatkan negara-negara di kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Australia, Eropa, dan Asia. Latihan yang berlangsung di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat ini merupakan latihan dua tahunan dalam rangka untuk meningkatkan interoperabilitas antar Angkatan Laut di Pasifik, sekaligus sebagai sarana untuk meningkatkan eksistensi TNI Angkatan Laut dlam melaksanakan operasi dan latihan bersama berskala Internasional (bp).

Foto: Dispen Armada II