Kamis, 28 Juni 2018

Para Taruna/i Akademi TNI Joy Sailing&Lihat Atraksi Kopaska

Surabaya (IndonesiaMandiri) - Sebanyak 435 Taruna/i Akademi TNI dalam rangkaian kegiatan Bhineka Eka Bhakti (BEB) Tahun 2018, melaksanakan Joysailing di sekitar Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dengan KRI dr. Soeharso/SHS-990 (27/6).

Para Taruna/I dari Akademi Militer Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Akademi Angkatan Udara (AAU) berpangkat Kopral Taruna tersebut mengikuti kegiatan Bhineka Eka Bhakti, yaitu kegiatan rutin setiap tahun yang masih melaksanakan pendidikan dasar di Magelang, agar memberikan pengenalan dan pengetahuan tentang Satuan-satuan TNI  di wilayah Provinsi Jatim, salah satunya Kotama TNI AL yakni Koarmada II.

Selama mengikuti Joysailing dengan KRI SHS yang merupakan jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II, nampak dari wajah calon pemimpin TNI menikmati selfi atau foto bersama teman seangkatannya di atas geladak kapal perang tersebut. Namun, suasana ceria itu tiba-tiba dikagetkan dengan bunyi tembakan memecah telinga, dimana pasukan katak Koarmada II yang dikomandoi oleh Kapten Eko terlihat mengejar musuh yang sedang menyandera seorang tawanan. Melalui jalur laut dengan menggunakan sea rider dan naik ke kapal sasaran melalui  buritan, terjadi tembak menembak dan mengenai penyandera yang berjaga. Tim Kopaska selanjutnya bergerak cepat  keanjungan untuk melumpuhkan musuh dan akhirnya berhasil  menyelamatkan sandera yang ditawan.

Skenario penyelamatan sandera tersebut begitu menghibur para Taruna/i. Aksi Kopaska dengan semboyannya Tan Hana Wighna Tan Sirna (Tidak ada rintangan yang tak dapat diatasi) menjadi pembelajaran penting bagi para Taruna/i tentang pentingnya di negeri ini kehadiran pasukan khusus seperti Kopaska yang merupakan kebanggan TNI AL dalam situasi darurat (ab).

Foto: Dispen Koarmada II.